Tes CPNS Lotim Dimulai 1 November

LIHAT PENGUMUMAN - Sejumlah pelamar CPNS di Lotim melihat daftar pengumuman kelulusan verifikasi di Kantor BKPSDM Lotim, Senin,  29 Oktober 2018. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lombok Timur (Lotim) sudah ada titik terang. Pasalnya, pelaksanaan tes CPNS di Kabupaten Lotim dijadwalkan dimulai tanggal 1 November 2018.

Dikonfirmasi Suara NTB via ponselnya, Senin, 29 Oktober 2018, Kepala Bidang Data dan Formasi pada BKPSDM Lotim, M. Bahrain mengaku jika dirinya sedang berada di Kantor BKN untuk membahas pelaksanaan tes CPNS yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Untuk Kabupaten Lotim, katanya, jumlah peserta tes CPNS yang memenuhi syarat administrasi atau dinyatakan lulus sebanyak 5.976 orang. Sementara yang tidak memenuhi syarat administrasi sebanyak 844 pelamar, baik kategori umum maupun khusus.

Iklan

Tes CPNS dilaksanakan di gedung CAT yang terletak di kompleks Kantor BKPSDM Lotim. Gedung CAT itu memiliki kapasitas 100 orang untuk satu sesi. Sedangkan dalam pelaksanaan tes ini, direncanakan sebanyak lima sesi untuk satu hari. Sehingga dalam kurun waktu satu hari itu, pelamar yang mengikuti tes CPNS sebanyak 500 orang dengan waktu pelaksanaan selama 12 hari. “Tes kita lakukan selama 12 hari karena kemampuan kita hanya 500 orang sehari dengan lima sesi,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan tes seleksi CPNS tahun ini, M. Bahrain mengungkapkan jika pihaknya tidak menggunakan sekolah-sekolah sebagai lokasi pelaksanaan tes seperti tahun-tahun sebelumnya. Sehingga waktu pelaksanaan tes selama 12 hari dengan difokuskan pada satu lokasi. Menjelang pelaksanaan tes CPNS ini, Bahrain mengingatkan kepada seluruh pelamar untuk mempersiapkan diri secara matang. Adapun hasil dari tes itu sendiri dapat diketahui langsung oleh peserta pada hari itu juga berdasarkan passing grade yang sudah ditentukan.

Setelah dilaksanakan tes secara umum atau tes kompetensi dasar. Bagi peserta yang lulus kemudian mengikuti tes kompetensi bidang (TKB) sesuai dengan bidang keahlian atau jurusan dari pelamar itu sendiri. Pelamar akan mengikuti segala tes yang sudah ditentukan sampai menemukan angka 225 formasi sebagaimana kuota untuk Kabupaten Lotim. Untuk pelaksanaan TKB ini berlaku terhadap pelamar dari kategori umum. Sementara pelamar dari kategori khusus tidak dilakukan TKB, karena sebelumnya sudah mengikuti. (yon)