Terus Meningkat, Jumlah Kesembuhan Pasien Positif Covid19 di NTB

Seluruh peserta yang mengikuti Rapat Evaluasi Penangangan Covid19 bersama Forkopimda NTB di Pendopo Wagub, Selasa, 9 Juni 2020 diperiksa suhu tubuhnya. Termasuk Gubernur NTB, H.Zulkieflimansyah. (Suara NTB/humasntb)

Mataram (Suara NTB) – Meningkatnya kesembuhan pasien positif Covid19 untuk warga NTB semua tidak terlepas dari ditaatinya protokol Covid19 oleh warga NTB. Ketaatan masyarakat yang sangat positif itu, berimplikasi pada jumlah kesembuhan pasien yang terus meningkat di daerah ini.

Demikian diungkapkan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc dalam Rapat Evaluasi Penangangan Covid19 bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB di Pendopo Wagub, Selasa, 9 Juni 2020. ‘’Alhamdulillah, semua hasil baik yang kita dapatkan ini, tidak terlepas dari upaya baik pula,’’ ujar gubernur.

Iklan

Dr. Zul juga berpesan kepada seluruh peserta rapat untuk tetap menjaga kekompakan dalam menangani wabah pandemi Covid19. Dengan kekompakan yang dilakukan, kita mendapatkan hasil luar biasa. Dalam hal meningkatnya angka kesembuhan untuk warga Positif Covid19 di NTB

‘’Selain ditaatinya protokol Covid19, meningkatnya angka kesembuhan di NTB, itu berkat kekompakan kita bersama. Jadi, mari jaga kekompakan kita,’’ ajak Dr. Zul.

Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalilah pada kesempatan itu mengatakan, protokol kesehatan Covid-19 adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh masyarakat NTB, mengingat protokol kesehatan adalah salah satu jalan untuk menekan angka penularan wabah ini.

‘’Berbicara Covid-19 ini, sampai dengan ditemukannya vaksin nanti, yang paling penting bagaimana kita hidup dengan protokol kesehatan, maka dari itu, edukasi harus terus kita laksanakan,’’ tegasnya.

Mengingat tingginya angka OTG di NTB. Wagub meminta kepada seluruh petugas, utamanya tenaga kesehatan untuk mengedukasi pasien OTG agar melaksanakan isolasi mandiri dengan menjalankan aturan isolasi mandiri yang benar.

60 Nakes Sembuh

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A menyebutkan, sampai saat ini, untuk Pelaku Perjalanan Negara Terjangkit (PPTG) itu mencapai 1.893 orang. Kemudian untuk Orang Tanpa Gejala(OTG) mencapai  481 orang, selanjutnya untuk yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 855 orang dan terakhir Pasien Dalam Pengawasan (PDP) itu mencapai 493 pasien.

Sementara untuk jumlah positif sebanyak 857 pasien. Sudah sembuh 485 pasien dan yang masih positif atau yang sedang menajalani karantina itu sebanyak 343 pasien. Baginya ini merupakan hal hebat yang dilakukan oleh pemerintah NTB dalam penanganan Covid19. ‘’Tingkat kesembuhan melonjak tinggi pada Senin tanggal 8 Juni 2020 hanya mencapai 34 orang, sedangkan pada hari Selasa tanggal 9 Juni 2020 pasien sembuh mencapai 76 orang,’’ sebutnya.

Dari 76 orang pasien sembuh,  60 orang diantaranya tenaga kesehatan (nakes). Kurva jumlah pasien sembuh dengan jumlah pasien yang dirawat menunjukkan hasil baik.

Untuk meningkatkan penanganan wabah Covid-19 ini, Pemprov NTB melaksanakan kegiatan berupa disinfeksi dan sosialisasi terkait protokol kesehatan di tempat-tempat umum.

Selain itu, respons penanggulangan yang dilaksanakan oleh pemerintah diantaranya melakukan pelacakan kontak pasien, Pool Test di Tiga Gili yakni sosialisasi dan pelaksanaan, penambahan tenaga kiriman dari Kemenkes, melengkapi alat, bahan/reagen, operasional.

Menambahkan 500 TCM untuk RSUP, RS Manambai, RS Kota Mataram dan ditambah lagi dengan RRS Selong. Selain itu, Pemerintah juga berencana melaksanakan pool test di daerah beresiko seperti pasar, daerah risiko tinggi, pesantren, sekolah. (r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional