Tertunda Dua Tahun, Pembangunan Rusun Pekerja KEK Mandalika Prioritas 2022

Jamaluddin (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB telah mendapatkan kepastian pembangunan rumah susun (Rusun) di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tahun 2022 mendatang. Semula, pembangunan rusun yang dihajatkan bagi pekerja di KEK Mandalika tersebut dilakukan 2020 lalu.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) NTB, Jamaluddin, S.Sos., M.T., mengatakan kepastian pembangunan Rusun Mandalika pada 2022 diperoleh dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Kementerian PUPR beberapa minggu lalu.  ‘’Untuk Rusun Mandalika sudah masuk prioritas tahun 2022. Lahannya sudah nggak masalah, sudah selesai,’’ kata Jamaluddin dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 15 April 2021.

Iklan

Ia mengatakan, persoalan lahan yang menjadi kendala selama ini sudah tuntas. Jamaluddin menjelaskan, Rusun Mandalika akan dibangun di luar KEK Mandalika. ‘’Di luar kawasan Mandalika, tanahnya pemerintah daerah. Peruntukan bagi pekerja KEK Mandalika,’’ terangnya.

Pada 2020 lalu, Kementerian PUPR sebenarnya sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp22 miliar untuk pembangunan rusun dan rumah khusus (Rusus) di KEK Mandalika. Namun karena lahannya belum siap, sehingga pembangunannya tertunda hingga 2021.

Lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan rusun tersebut sekitar satu hektare dan rusus sekitar dua hektare. Semula, lokasi pembangunan rusun dan rusus tersebut direncanakan di dalam KEK Mandalika. Tetapi, karena lahan itu milik ITDC, maka harus mendapat persetujuan dari Kementerian BUMN. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional