Tertolak Sistem, BKD Lobar Temukan Banyak Pelamar PPPK Tak Terdaftar di Dapodik

Hirman Zulkarnain (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM (BKD dan PSDM) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menerima banyak aduan dari para pelamar formasi PPPK yang belum bisa mendaftar, lantaran persoalan data mereka yang tidak sinkron. Data pelamar bermasalah karena NIK tidak ditemukan dan kesalahan tanggal lahir. Selain itu ada pelamar yang tidak terdaftar di Dapodik (data pokok pendidikan).

Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Pengadaan Pegawai pada BKD dan PSDM Lobar Hirman Zulkarnain, mengatakan perkembangan terbaru jumlah pendaftar CPNS sebanyak 210 orang. Sejauh ini sudah banyak mengisi formulir dan sudah login. Mereka belum menyertakan persyaratan, karena kemungkinan masih melengkapi persyaratan. “Persoalan sistem SSCASN sudah tidak ada masalah, karena lancar. Yang banyak datang (mengadu) ke BKD itu dari teman-teman PPPK. PPPK ini yang bermasalah,” jelasnya, Jumat, 9 Juli 2021.

Iklan

Dikatakan, sekitar 15 orang pelamar PPPK yang datang ke BKD. Mereka ini sudah bisa login (masuk) sistem, namun ketika melanjutkan ke beberapa tahapan mereka tidak bisa masuk.  Rata-rata beberapa masalah yang dihadapi sebut dia di antaranya NIK tidak ditemukan di sistem, tidak ada data di dapodik dan tanggal lahir tidak sesuai dengan data base. Data-data ini belum terintegrasi, sehingga data mereka tidak terbaca di sistem Kemendikbud. Karena datanya tidak sesuai dengan sistem, maka otomatis tertolak di sistem. “Kalau tidak terdata base di sistem itu, otomatis mereka tertolak,” jelasnya.

Menurutnya, kalau masalah data ini tidak bisa diselesaikan tentu pelamar PPPK tidak bisa melamar. Karena itulah mereka datang mengadu ke BKD dan meminta solusi seperti apa langkah yang mereka lakukan. Para pelamar ini pun meminta solusi dari BKD. Pihaknya hanya bisa menyarankan ke mereka agar menyampaikan aduannya di sistem itu. Selanjutnya kemungkinan dari Kemendikbud bisa ada jawaban. “Karena BKD sendiri tugasnya hanya mengumumkan formasi dan pengusulan nomor induk PPPK bagi yang lulus,” ujarnya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional