Tertimpa Pohon Tumbang, Pengendara Sepeda Motor Meninggal

Pohon tumbang menimpa pengendara sepeda motor di Desa Aik Darek Kecamatan Batukliang. Akibatnya, satu pengguna jalan meninggal. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Seorang pengendara sepeda motor, Mardianto (33) warga Kelurahan Dasan Agung Kecamatan Selaparang Kota Mataram, Selasa, 24 November 2020, meninggal setelah tertimpa pohon tumbang, saat melintas di Jalan Raya Sengkol Desa Aik Darek Kecamatan Batukliang Lombok Tengah (Loteng). Satu korban lainnya, M. Ilham Dirgantara (25) berhasil selamat, kendati harus menjalani perawatan kesehatan di Puskesmas Mantang.

Kapolsek Batukliang Iptu Gde Gisiyasa, S.H., Selasa sore mengatakan, kejadian naas tersebut berlangsung sekitar pukul 13.30 Wita. Saat itu, wilayah Kecamatan Batukliang tengah dilanda hujan lebat disertai angin kencang. Namun, hal itu tidak menyurutkan niat korban untuk terus berkendaraa.

Datang dari arah timur, korban hendak pulang ke rumahnya di Mataram. Saat itu korban, Mardianto menggunakan sepeda motor Honda Beat DR 4139 M0 berboncengan M. Ilham Dirgantara. Sesampainya di lokasi kejadian, teman korban pertama kali melihat pohon pelindung yang ada di sebelah kanan jalan tiba-tiba tumbang.

Korban yang tengah fokus berkendaraa tidak sadar ada pohon tumbang. Begitu sadar, korban sempat berusaha menghindar. Namun sial korban tak kuasa menghindar.  Hingga tubuh korban langsung tertimpa batang pohon yang berukuran cukup besar tersebut.

Sementara itu, teman korban selamat setelah berhasil menghindari dari timpaan pohon jenis trembesi tersebut. “Kejadian berlangsung secara tiba-tiba. Pohon tumbang ke arah sebelah kiri jalan raya dan seketika pohon sudah jatuh langsung menindih motor yang dikendarai oleh korban,” sebutnya.

Sejumlah warga yang berada di dekat lokasi kejadian sempat berusaha menyelamatkan korban dengan mengeluarkan korban dari bawah pohon untuk kemudian dibawa ke Puskesmas Mantang. Tapi apes, nyawa korban sudah tidak bisa diselamatkan. Setelah bagian kepala dan dada korban tertimpa batang pohon tersebut.

Akibat pohon tumbang tersebut, arus lalu lintas di jalur tersebut sempat macet. Aparat kepolisian yang datang beberapa saat kemudian berusaha membersihkan batang pohon yang menghalangi jalan. Dibantu oleh warga, anggota Sat Brimob Polda NTB dan TNI yang kebetulan tengah melintas. “Saat itu juga pohon langsung kita bersihkan. Karena memicu kemacetan,” ujarnya seraya menambahkan, korban langsung dibawa pulang ke rumah duka setelah sempat ditangani petugas medis Puskesmas Mantang.

Menyusul adanya cuaca ekstrem tersebut, pihaknya berharap pemerintah daerah bisa melakukan survei kelayakan pohon yang ada di sepanjang jalan raya. Mana yang sekiranya sudah rapuh dan rentan tumbang, sebaiknya segera ditangani, sehingga kasus pohon tumbang hingga memakan korban jiwa tidak terulang kembali. (kir)