Tertarik Kelola RPH Banyumulek, Sultan Andara akan Bangun Pabrik Pengolahan Daging di NTB

0
Khairul Akbar (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Artis Raffi Ahmad yang dijuluki Sultan Andara tertarik berbisnis daging sapi di NTB. Raffi Ahmad telah mengutus orang kepercayaannya meninjau Rumah Potong Hewan (RPH) Banyumulek pada 21 November lalu.

Kepala Dinas Peternakan dan kesehatan hewan (Disnakeswan) NTB, drh. Khairul Akbar, M.Si., yang dikonfirmasi Rabu, 1 Desember 2021 mengatakan, Raffi Ahmad melalui salah satu perusahannya tertarik mengelola RPH Banyumulek. Selain akan memproduksi daging sapi, Raffi Ahmad juga akan membangun pabrik pengolahan daging menjadi sosis dan produk olahan lainnya dengan nama Saffi Ahmad.

IKLAN

“Tanggal 21 November mereka sudah turun ke lapangan. Desember ini timnya akan datang lagi ke NTB,” katanya.

Khairul belum menyebutkan nilai investasi perusahaan milik Sultan Andara tersebut. Tetapi, kata Khairul, mereka punya modal yang besar. Jika kerja sama ini terealisasi, maka jumlah sapi yang dipotong antara 15 – 50 ekor per hari.

‘’Kemudian sampai langsung hilirisasinya berupa produk  sosis dan lainnya. Saffi Ahmad itu nama produknya nanti berupa sosis dan produk lainnya,’’ tutur Khairul.

Khairul menambahkan, investasi mereka bukan saja produksi daging tetapi juga produk olahannya. Sehingga akan dibangun pabrik pengolahan daging. Menurut Khairul, Pemprov masih punya lahan yang cukup luas di Banyumulek sekitar 26 hektare. ‘’Prosesnya mulai sekarang. Mereka lagi jajaki,analisa dan sebagainya,’’ tandas Khairul. (nas)