Tersisa Satu Pasien Covid-19 di Sumbawa

H. Hasan Basri. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Sumbawa terus berkurang. Setelah dua orang dipulangkan baru-baru ini, kini tersisa satu orang yang masih dirawat di gedung baru RSUD Sumbawa.

Ketua Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M membenarkan hal tersebut. Sebelumnya terdapat 3 orang yang dirawat di gedung baru RSUD. Dari jumlah itu, dua diantaranya sudah sembuh, dan kini tersisa satu orang yang masih dirawat di rumah sakit setempat. “Kondisi terkini sekarang sisa 5 orang. Tapi rillnya di Sumbawa cuma 1 yang dirawat di gedung baru RSUD. Karena yang empat orang dirawat di Pulau Lombok,” ujarnya kepada wartawan, Senin, 29 Juni 2020.

Iklan

Dari kondisi yang ada, jelasnya, progresnya semakin membaik. Tentunya kondisi yang baik ini harus bisa dipertahankan. Dalam hal ini, membutuhkan kepedulian dan kerja sama semua pihak untuk mengikuti anjuran yang telah disampaikan pemerintah.  “Ketika semua orang sudah pakai masker, jaga jarak dan lain sebagainya, Insya Allah kondisi ini akan bisa kita pertahankan,” terangnya.

Menurutnya, sebelumnya pihaknya sudah menuntaskan penelusuran kontak Klaster Jakarta, Klaster Gowa dan Klaster Magetan. Selain penelusuran kontak ini, pihaknya juga melakukan pemeriksaan swab di semua pasar yang ada. Masing-masing pasar diambil sampel 50 orang. Pemeriksaan ini untuk mendapatkan gambaran terkait kondisi di komunitas pasar. Sementara ini, dari pemeriksaan di sejumlah pasar hasilnya negatif. Pemeriksaan swab juga dilakukan untuk masyarakat dalam Kota Sumbawa Besar yang berasal dari 8 kelurahan. Hasilnya juga dinyatakan negatif.

Dengan adanya gambaran ini, tentunya diharapkan masyarakat dapat tenang menjalankan aktivitasnya. Namun tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Seperti menggunakan masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, dan lainnya.  “Kita berharap dengan new normal ini, kita bisa sehat sekaligus bisa beraktivitas menjadi orang yang produktif,” harapnya. (ind)

  Sebagian Besar Pasien Covid-19 Lotim Sembuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here