Tersesat, Belasan Pengunjung Wisata Air Terjun Agal Berhasil Dievakuasi

Belasan pengunjung wisata yang berhasil dievakuasi. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sebanyak 15 pengunjung wisata Air Terjun Agal, Desa Marente, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa berhasil dievakuasi dengan selamat. Belasan pengunjung ini tersesat di dalam hutan saat hendak menuju wisata setempat pada Minggu, 18 Oktober 2020 lalu.

Sebelumnya, sekitar pukul 11.00 Wita, 15 orang tersebut memarkirkan kendaraannya di lokasi wisata Tiu Nawa, Desa Marente. Kemudian melakukan perjalanan kaki menuju Air Terjun Agal. Namun mereka tak kunjung kembali kembali hingga matahari tenggelam.

Iklan

Setelah mendapatkan laporan dari salah seorang warga Desa Marente, Polsek Alas langsung turun menjelajahi hutan guna melakukan evakuasi yang juga dibantu oleh pemerintah desa dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Setelah melakukan pencarian selama dua jam lebih, pihak Polsek Alas menemukan 10 orang yang tersesat. Kemudian evakuasi kembali dilanjutkan dan pada pukul 23.00 Wita Polsek Alas menemukan lima orang lainnya.

Kapolres Sumbawa yang dikonfirmasi melalui kasubbag Humas Polres Sumbawa Iptu. Sumardi, S.Sos., membenarkan kejadian tersebut. Evakuasi dilakukan terhadap 10 orang wanita dan 5 orang laki laki, 13 di antaranya masih berstatus pelajar yang duduk di bangku SMA. “Saat tersesat 15 orang ini terpisah menjadi duarombongan. Rombongan pertama ditemukan pukul 20.30 Wita, dan rombongan kedua ditemukan pukul 23.00 Wita,” ujarnya, Senin, 19 Oktober 2020.

Menurutnya, saat 15 orang tersebut melakukan perjalanan menuju Air Terjun Agal, tidak ada penunjuk jalan. “Sangat disayangkan tidak ada petunjuk jalan ataupun guide yang menemani, sehingga mereka tersesat,” ungkapnya.

Pihaknya juga menjelaskan kondisi pengunjung wisata saat dievakuasi. Dari 15 orang tersebut, satu orang mengalami keram kaki sedangkan 14 orang lainnya dalam kondisi baik. (ind)