Tersangka Korupsi Proyek MAN IC Segera Diadili

Juru Bicara Kejati NTB, Dedi Irawan (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Tersangka kasus korupsi proyek pembangunan gedung MAN Insan Cendikia Lombok Timur tahun 2015 dilimpahkan ke jaksa penuntut umum. Penyidikan kasus tersebut sudah tuntas. Berkas para tersangka selanjutnya akan diajukan ke Pengadilan Tipikor.

Iya benar hari ini kita terima pelimpahan tersangka dan barang bukti kasus MAN IC dari Polda NTB,” kata Juru Bicara Kejati NTB, Dedi Irawan Rabu, 6 Februari 2019 kemarin. Tersangka yang dilimpahkan antara lain tersangka PPK proyek, YS mantan pejabat perencana pada Kemenag Lombok Timur; tersangka pihak rekanan pasangan suami istri, Direktris PT EM berinisial RB dan Komisaris, WK; serta tersangka konsultan pengawas berinisial SKR.

Iklan

Namun para tersangka baru akan ditahan setelah pelimpahan. Alasannya, para tersangka ini masih kooperatif. Contohnya mau menghadiri panggilan pelimpahan tahap dua tersebut.

Mereka akan dibawa ke pengadilan dengan dugaan pelanggaran pasal 2 ayat 1 dan atau pasal 3 UU RI No. 20/2001 tentang perubahan atas UU RI No. 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Para tersangka itu diduga bersekongkol mengakali pekerjaan proyek senilai Rp9,6 miliar tersebut. Anggaran tersebut ditender untuk pembangunan dapur dan asrama putra.

Dugaan perbuatan korupsi berupa penyimpangan volume pekerjaan yang tanpa didampingi pengawasan konsultan. Akibatnya, negara dirugikan Rp750 juta sesuai hasil perhitungan audit kerugian negara dari BPKP Perwakilan NTB. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional