Tersangka Kasus Penyebar Video Asusila Dijerat Pasal Berlapis

Kegiatan jumpa pers terkait penangkapan terhadap pelaku penyebar video asusila.(Suara NTB/ils)

Taliwang (Suara NTB) – Tersangka kasus dugaan penyebaran video asusila berinisial MP (26) terancam hukuman enam tahun penjara dan denda Rp1 Miliar. Tersangka dijerat dengan pasal 27 ayat 1 jo pasal 45 ayat 1 jo pasal 30 ayat 1 dan jo pasal 46 ayat 1 UU nomor 6 tahun 2016 tentang perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

“Memang hukumannya berat bagi pelaku yang sengaja menyebar video asusila, makanya kami menghimbau kepada masyarakat agar lebih bijak dalam  menggunakan  media elektronik,” ungkap Kapolres KSB AKBP Herman Suriyono, S. IK, MH kepada wartawan, Selasa, 15 Juni 2021. Sementara untuk proses pemberkasan terhadap kasus tersebut hampir rampung untuk dilimpahkan ke Kejaksaan.

Iklan

Dijelaskannya, kasus ini berawal dari adanya laporan masyarakat dengan nomor LP/B/123/VI/2021/SPKT/ Res Sumbawa Barat pada tanggal 7 Juni lalu. Menindak lanjuti laporan tersebut, Polisi langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka di daerah asalnya (Lombok Tengah). Pelaku tidak bisa berkutik pada saat diamankan dengan sejumlah barang bukti berhasil didapatkan dari tangan pelaku. “Pelaku tidak bisa berkutik pada saat kita tangkap dan mengakui semua perbuatannya setelah dilaporkan oleh SW (28) yang nota bene merupakan mantan pacar pelaku,” tukasnya. (ils)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional