Terminal Tipe B akan Dibangun di Lotim

Lalu Bayu Windiya (Suara NTB/dok)

Selong (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi NTB berencana akan membangun terminal tipe B di Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Ada beberapa pilihan tempat, antara lain di Sikur, Lenek dan Pringgabaya.

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Bayu Windiya saat diwawancara di Pelabuhan Kayangan, Rabu, 3 Maret 2021 menjelaskan dibutuhkan luas lahan sedikitnya seluas 1 hektar.  Harapannya terminal B yang kini menjadi kewenangan provinsi ini terbangun tidak jauh dari Pelabuhan Labuhan Lombok. Akan tetapi karena berkaitan dengan ketersediaan aset lahan tempat pembangunan.

Iklan

Lokasi tempat pembangunan terminal ini katanya akan diberikan oleh Bupati Lotim. Pihaknya turut melakukan survei salah satu lokasi yang ada di Kecamatan Pringgabaya.

Sebelumnya pernah direncanakan pembangunan terminal ini di bekas Pasar Paokmotong Kecamatan Masbagik. Namun lokasi ini sudah dipersiapkan menjadi tempat pembangunan sarana lain, sehingga pilihan pembangunan terminal ini di lokasi lain. Jenis terminal yang akan dibangun ini untuk Angkutan Kendaraan Antar Daerah (AKAD).

Diketahui, Lotim sebenarnya sudah memiliki terminal Pancor. Akan tetapi, menurut penjelasan Kepala Bidang Aset pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Lalu Mustiarep, Terminal Pancor ini tidak layak sebagai terminal tipe B.

Terminal yang berada di bawah kewenangan provinsi dalam pengelolaannya ini merupakan tempat kendaraan antar kabupaten singgah. Menjadi pertemuan bisnis lintas kabupaten ini idealnya terrbangun di tempat strategis yang berada di jalur jalan negara.

Keberadaan Terminal Pancor sendiri dinilai tidak pas sebagai terminal tipe B karena sejauh ini juga terlihat sepi. Ada beberapa pilihan aset milik Pemkab Lotim yang siap diserahkan oleh pemerintah kabupaten untuk dijadikan lokasi pembangunan terminal. (rus)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional