Terminal Kebon Roek Dialihfungsikan Jadi Tempat Parkir

Mataram (suarantb.com) – Arus lalu lintas di depan Pasar Kebon Roek, Ampenan semrawut. Pasalnya kendaraan kerap parkir sampai di badan jalan sehingga menyebabkan kemacetan. Terminal yang di komplek pasar yang seharusnya menjadi tempat mangkal angkutan umum justru dialihfungsikan menjadi tempat parkir.

“Jangankan (badan) jalan, terminal saja fungsinya sudah tidak jadi terminal, malah jadi tempat parkir sepeda motor,” ujar Kepala Pasar Kebon Roek, Roos Hariadi kepada suarantb.com, Selasa, 19 Juli 2016.

Iklan

Ia menyampaikan kepadatan kendaraan disebabkan terbatasnya area parkir pasar. Halaman luar pasar digunakan oleh para pedagang sebagai arena jual beli, sehingga tidak menyisakan tempat untuk parkir kendaraan. Terutama kendaraan-kendaraan yang membutuhkan area yang luas, seperti mobil dan cidomo.

Berdasarkan pantauan suarantb.com, area parkir pasar tidak hanya dipenuhi kendaraan bermotor, tapi cidomo. Roos menerangkan kemacetan di depan pasar bukan dikarenakan oleh operasional pasar, tapi oleh parkir kendaraan di badan jalan. “Itu bukan karena pasarnya, pasar kan sudah ditempatkan di sebelah, itu karena parkir,” ujarnya.

Ketertiban dan keteraturan lalu lintas bukan menjadi tanggung jawab pihak pasar. Bahkan menurutnya, pasar terkena dampaknya secara tidak langsung. Ia mengharapkan adanya penanganan segera untuk ketertiban lalu lintas ini, terutama menjelang pelaksanaan MTQ Nasional ke-26 yang akan berlangsung di Kota Mataram dalam waktu dekat ini.

Kebersihan jalan juga penting diperhatikan. Mengingat banyaknya cidomo yang menyebabkan banyaknya kotoran kuda berserakan di jalan raya. “Harus segera dibersihkan, karena kan sebentar lagi ada acara besar, MTQ Nasional itu,” tandasnya. (rdi)