Terlalu Murah, Sewa Ruko Cakranegara Perlu Ditinjau Ulang

Inilah aset ruko milik Pemkot Mataram di Jalan AA.Gde Ngurah Cakranegara. Nilai sewa ruko dinilai terlalu murah, sehingga Dinas Perdagangan diminta untuk meninjau kembali pascadirenovasi. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Sekretaris Daerah Kota Mataram Dr.H. Effendi Eko Saswito meminta Dinas Perdagangan meninjau kembali sewa ruko di Pasar Cakranegara. Sewa disetorkan ke daerah terlalu murah dan perlu disesuaikan dengan kondisi saat ini. “Nilai sewa ruko itu terlalu murah dan tidak sesuai dengan kondisi saat ini,” kata Sekda.

Ruko yang terletak di Jalan AA. Gde Ngurah Cakranegara itu kabarnya hanya dikenakan biaya sewa Rp3 juta pertahun. Nilai ini sangat murah dibandingkan ruko milik swasta mencapai puluhan juta pertahunnya. Pengaturan sewa mengacu pada retribusi daerah, sehingga perlu diatur atau disesuaikan kembali dengan kondisi saat ini.

Iklan

Sekda menegaskan, sewa aset milik pemerintah dengan swasta tidak bisa disamakan. Sebab, pemerintah memiliki fungsi pelayanan dan tidak memberatkan masyarakat. “Ndak bisa disamakan dengan yang lain,” tandasnya. Terkait nilai sewa Rp3 juta pertahun itu dinilai tidak idela. Apalagi ruko tersebut sudah dibenahi atau renovasi, sehingga kondisinya lebih layak dari sebelumnya. “Iya, kalau sewanya segitu saya kira terlalu kecil,” ucapnya.

Selain aset di Pasar Cakranegara, Pemkot Mataram juga menyewakan aset berupa lahan seluas 2 hektar ke PT. Pasific Cilinaya Fantasi. Aset yang dikelola oleh PT. PCF demikian kata Sekda, telah ada Memorandum of Understanding atau kesepakatan kerjasama dengan pengelola. Pihaknya menarik royalti dengan mempedomani perjanjian kerjasama tersebut.

Jika ada hal – hal yang perlu dilakukan peninjauan akan disesuaikan dengan konsideran di kontrak kerjasama tersebut. “Konsideran MoU akan dilakukan peninjauan tiga tahun sekali,” ucapnya. Royalti disetorkan terhadap pengelolaan Mataram Mall oleh PT. Pasific Cilinaya Fantasi sekitar Rp350 juta pertahun. Eko menambahkan, royalti ini juga harus melihat kondisi saat ini. Pemerintah tidak bisa menutup mata dengan kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Kembali disampaikan Sekda, khusus sewa ruko di Pasar Cakranegara segera diminta ke Dinas Perdagangan untuk melakukan kajian. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional