Terlacak, Puluhan Kontak Pasien Baru di Kota Bima

Abdul Malik. (Suara NTB/Dok)

Kota Bima (Suara NTB) – Tiga dari lima warga Kota Bima yang dinyatakan positif Covid-19, Selasa, 7 Juli 2020 diketahui kontak erat dengan pasien inisial Dz (26 Tahun) warga Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba yang merupakan pegawai (teller) salahsatu Bank.

Tiga orang yang ditulari Dz itu masing-masing berinisial, Ch (20 tahun) warga Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba, Vn (24 Tahun) warga Kelurahan Paruga, Kecamatan Rasanae Barat dan Ar, (21 tahun), warga Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba.

Hal tersebut juga diakui oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kota Bima, H. Abdul Malik SP, MM saat dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 8 Juli 2020. Kata dia, tiga pasien yakni Ch, Vn dan Ar kontak erat dengan Dz.

“Tiga pasien yang dinyatakan positif Covid-19 tadi malam, hasil pelacakan kontak dari pasien Dz, yang sebelumnya sudah dinyatakan positif Covid-19,” katanya.

Malik mengaku, pihaknya berhasil melacak orang-orang terdekat Dz untuk dilakukan tes cepat (rapid test). Hingga saat ini hasilnya masih ditunggu oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bima. “Hari ini ada 30 orang keluarga Dz hasil pelacakan. Kita sedang menunggu hasilnya,” katanya.

Selain keluarga dekat Dz, Malik mengaku pihaknya juga akan kembali melacak teman hingga rekan kerja Dz, meskipun semua pegawai Bank tempat Dz bekerja sudah melakukan tes cepat di salahsatu klinik di Kota Bima. “Besok Tim Gugus akan kembali tracking teman dan rekan kerja Dz,” katanya.

Terlepas dari itu, Ia meminta yang merasa diri pernah melakukan kontak erat dengan enam pasien positif Covid-19, agar segera melapor diri kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk diperiksa dengan cepat. “Harapan dan permintaan kita agar segera melapor dan jujur kepada Tim Gugus. Ini demi kebaikan bersama,” pungkasnya. (uki)