Terkendala Regulasi Teknis dari Pusat, Lobar Belum Bisa Akses Portal Formasi CPNS dan PPPK

Syahrudin (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemerintah pusat dalam hal ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih menutup portal Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK, sehingga belum bisa diakses atau dibuka oleh Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM (BKD dan PSDM) Lombok Barat (Lobar). Pihak BKD masih menunggu instruksi teknis, terkait passing grade dan beberapa regulasi teknisnya soal PPPK.

“Kita masih menunggu instruksi teknis soal CPNS dan PPPK, karena di satu sisi yang sistem masih ditutup dari BKN, karena masih ditunggu beberapa Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kepmenpan RB) terkait dengan passing grade dan beberapa regulasi teknisnya makanya belum dibuka,” jelas Kepala BKD dan PSDM Lobar, Syahrudin, Minggu, 20 Juni 2021.

Iklan

Sesuai instruksi dari BKN pusat, pihak Pemda diminta menunggu Keputusan Menpan dan regulasi teknis soal passing grade dan juklak-juknis PPPK. “Terutama PPPK,”ujarnya.

Pihaknya berharap pekan ini portal formasi dibuka oleh BKN, sehingga bisa diakses oleh Pemda Lobar. Karena pihaknya ingin memastikan apakah ada pengurangan atau penambahan formasi yang diperoleh Lobar. Sejauh ini pihaknya belum tahu apakah formasi yang diperoleh berkurang atau bertambah. Yang pasti, seandainya ada  tidak sinkron antara formasi yang diterima awal mengacu keputusan Menpan-RB dengan yang ada di sistem, seperti beberapa kabupaten/kota yang terdapat selisih, maka bisa mengajukan perbaikan ke BKN. “Mudah-mudahan kita ndak ada. Kami belum bisa cek, karena kan belum bisa dibuka,” imbuhnya.

Konteks pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK ini pihaknya hanya bisa menunggu dari pusat. Yang pasti, tegas dia, tim panitia di kabupaten sudah siap berikut dengan perangkat regulasinya, sehingga ketika dibuka oleh pusat, pihaknya bisa langsung melaksanakan pembukaan pendaftaran. “Karena perangkat tim dan regulasi sudah siap. Tinggal dibuka pusat, langsung kami laksanakan,” jelas dia.

Untuk diketahui, Lombok Barat mendapatkan 1.876 formasi CPNS dan PPPK tahun ini dengan rincian tenaga guru PPPK 1.752 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 118 dan tenaga teknis 6 formasi. Untuk rincian masing-masing formasi, pihaknya belum bisa menyebut karena harus diumumkan secara resmi. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional