Terkendala Akses ke Indonesia

Mohammad Rum (Suara NTB/dok)

Investor yang akan membangun proyek kereta gantung Rinjani serius merealisasikan investasinya. Selain sudah menaruh uang sebesar Rp5 miliar di bank milik daerah, sebenarnya pada Januari ini mereka akan datang ke NTB.

Namun, karena Pemerintah Pusat menutup akses Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga rencana investor asal China yang akan membangun kereta gantung menunggu akses masuk ke Indonesia dibuka kembali.

Iklan

‘’Investornya (mau datang). Sebenarnya rencana datang di Januari. Tapi karena ada kebijakan pemerintah kita, ndak boleh ada orang luar masuk ke negara kita. Sehingga mereka ndak bisa masuk,’’ kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, Ir. Mohammad Rum, M.T., dikonfirmasi di Mataram, Senin, 11 Januari 2021.

Terkait dengan rencana pembangunan kereta gantung ini, Rum mengatakan sedang diproses izin kesesuaian ruang dari Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) NTB. Hingga sekarang, TKPRD belum memberikan rekomendasi kesesuaian ruang.

“Kita tunggu saja. Tapi yang jelas, komitmen investor ada. Mereka sudah menyetor uang Rp5 miliar bukti keseriusannya,” tandasnya.

Rum menambahkan, pihaknya yakin dengan keseriusan investor kereta gantung ini. Jika larangan WNA masuk ke Indonesia dicabut, maka mereka akan segera datang ke NTB. ‘’Selesai pembatasan orang masuk ke Indonesia, mereka akan datang. Sekarang masalahnya ndak boleh masuk ke Indonesia,’’ tandasnya.

Proyek kereta gantung akan dibangun di kawasan Gunung Rinjani yang berlokasi di Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah (Loteng). Rencana pembangunan kereta gantung di sekitar kawasan Gunung Rinjani ini diklaim merupakan terpanjang di dunia.

Pembangunan  kereta gantung ini tidak berada di zona inti Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Pembangunan kereta gantung  dimulai dari Karang Sidemen Kecamatan  Batukliang Utara, Loteng menuju kawasan hutan lindung di bagian atasnya. Kereta gantung yang dibangun sepanjang kurang lebih  10 km, dan diklaim menjadi kereta gantung  terpanjang di dunia. (nas)

Advertisement ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional