Terduga Gembong Pencuri Motor Ditangkap

Mataram (Suara NTB) – Polres Mataram menangkap gembong curanmor asal Desa Bilelando, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah, Dayin alias Amaq Doni (37). Menangkap raja maling motor itu tak mudah hingga harus dilumpuhkan dengan timah panas.

Iklan

“Dia ini gembong curanmor jaringan NTB, Lombok Sumbawa,” ungkap Kapolres Mataram, AKBP Muhammad, Senin, 22 Mei 2017 didampingi Kasatreskrim, AKP Kiki Firmansyah Effendi.

Tersangka digerebek di rumahnya, Minggu, 21 Mei 2017 lalu. saat hendak ditangkap, tersangka mengayunkan senjata tajam. Tak pelak, tim Resmob 701 Satreskrim Polres Mataram menembakkan peluru ke betis kanan tersangka.

Amaq Doni diduga mengotaki pencurian mobil dan motor di tujuh tempat. Belum termasuk lagi setoran kendaraan hasil kejahatan para pelaku curanmor lain. “Dia eksekutor dan penadah curanmor,” sebutnya.

Dari catatan kepolisian, tersangka beraksi di wilayah Mataram pada 23 Februari 2014, 20 Januari 2017, dua kali pada Februari 2017, satu kali di wilayah Cakranegara, satu kali di Masbagik, Lombok Timur pada 18 Maret 2017, dan dua kali di Gerung, Lombok Barat.

“Barang bukti yang kita sita sementara ini  yang terkait dengan curanmor ada dua sepeda motor dan satu mobil pickup,” kata Muhammad.

Selain, itu polisi juga menyita peluru aktif kaliber 9,1 mm buatan PT Pindad, pedang, kunci L, pisau lipat, sembilan STNK, tujuh BPKB, 19 buah kunci duplikat kendaraan, dan narkoba.

“Di rumahnya juga kita temukan lima poket sabu-sabu,” beber Kapolres. Soal peluru aktif, pihaknya masih melakukan pendalaman terkait kemungkinan adanya senjata rakitan yang dimiliki tersangka. Juga asal pemerolehan peluru tersebut.

Selama ini, tersangka menjalankan modus merusak kunci dan membeli kendaraan curian. Kendaraan hasil curian itu pun kemudian dikirimkan ke wilayah Sumbawa untuk menghilangkan jejak.

Muhammad menegaskan, tersangka akan dijerat pasal berlapis, yakni pasal 363 KUHP, pasal 480 KUHP, UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan UU Darurat Nomor 12 Tahun 1961. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here