Terdampak Covid-19, Pemkot Mataram Beri Keringanan Pajak

Walikota Mataram menyerahkan pembayaran upah petugas penyampaian SPPT PBB-P2 Kota Mataram kepada lingkungan dan petugas pembantu juru pungut Kecamatan Sekarbela dan Kecamatan Cakranegara.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram H. Ahyar Abduh menyampaikan semua jenis pajak sangat penting untuk menunjang pembangunan di Kota Mataram. Namun, dengan adanya pandemi Covid-19, Pemkot Mataram mengambil kebijakan. Yakni, memberikan keringanan pajak bagi pemilik hotel ataupun bagi sektor lain yang terdampak Covid-19.

Hal ini disampaikan Walikota saat menghadiri Sosialisasi Pajak Daerah berupa Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan penyerahan secara simbolis Pembayaran Upah Petugas Penyampaian SPPT PBB-P2 Kota Mataram Tahun 2020, Selasa, 1 Desember 2020 di Mataram.

Kementerian terkait menggandeng Pemkot Mataram guna membantu pihak-pihak terdampak Covid-19. “Pemerintah melalui kementerian Pariwisata memberikan bantuan kepada pemilik hotel yang terdampak pandemi,” ungkap Ahyar. Pada kesempatan tersebut, Walikota Mataram melakukan pembayaran secara simbolis jasa/upah bagi penyampaian SPPT PBB-P2 di Kota Mataram senilai Rp278.088.000 untuk 46.348 lembar SPPT PBB-PT yang terbayar hingga 30 November 2020. Adapun target Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada tahun 2020 Rp129.306. 000.000 dengan realisasi mencapai Rp127.929.516.318 atau sekitar 93,91% dari target.

Menurut Walikota, sosialisasi ini sangat penting mengingat Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Bea Balik nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) merupakan Pendapatan Daerah berupa Dana Bagi Hasil Pemerintah Provinsi ke Pemerintah Kabupaten/Kota. Dana Bagi Hasil ini akan sangat tergantung dari kontribus aktif Pemerintah Kabupaten/Kota dalam ikut menyukseskan PKB-BBNKB tersebut. Sedangkan, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sebagai pajak yang dibayarkan oleh masyarakat sebagai bentuk keikutsertaan masyarakat dalam pembangunan Kota Mataram, yang mana kemanfataanya dikembalikan lagi untuk penerangan jalan dan lingkungan di seluruh wilayah Kota Mataram. (fit)