Terdampak Covid-19, 480 Ribu Warga di Lobar Diberikan Bantuan

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid menyalurkan bantuan JPS tahap II di Merembu Kecamatan Labuapi, Sabtu, 27 Juni 2020. (Suara NTB/Humas Lobar)

Giri Menang (Suara NTB) – Bupati Lombok Barat (Lobar), H. Fauzan Khalid mengatakan sekitar 480 ribu jiwa di Lobar yang terdampak Covid-19 diberikan bantuan. Mereka juga menerima bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Pemda Lobar. JPS Covid-19 Lobar sudah memasuki penyaluran tahap II.  Sabtu, 27 Juni 2020 Bupati didampingi Sekda Dr. H. Baehaqi bersama Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Hj. Nurul Adha dan para kepala OPD menyalurkan JPS tahap II ini di Kantor Desa Merembu, Kecamatan Labuapi.

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan, di Lombok Barat yang sudah tercover dalam bantuan berjumlah 480 ribu jiwa.  “Saya berharap seluruh masyarakat Lombok Barat di samping mendapatkan bantuan kita juga sudah seyogyanya harus taat terhadap semua peraturan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat,” ujar bupati.

Iklan

Ditambahkannya, bulan Mei, pemerintah melarang masyarakat untuk berkumpul misalnya di tempat-tempat publik. Namun saat ini, ada perubahan yaitu boleh berkumpul dengan protokol kesehatan.

“Kita saat ini di Lombok Barat masih zona merah di NTB, yang zona merah ada dua yaitu Kota Mataram dan Lombok Barat. Terkait zona merah di Lombok Barat ini saya sendiri dan Bapak-bapak yang hadir tidak bisa mengubah ke zona hijau, harus ada kesadaran dan pemahaman masyarakat agar mematuhi atau menaati protokol kesehatan dari pemerintah,” jelas Fauzan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Lombok Barat, Lalu Martajaya menjelaskan, penyaluran JPS Covid-19 kepada masyarakat ini semata-mata untuk mengurangi beban terkait dampak Covid-19 ini, tentunya dengan JPS yang diberikan ini bisa mengurangi kebutuhan pokok dari masyarakat khususnya mereka yang berpendapatan rendah.

Dikatakan, jumlah masyarakat Kabupaten Lombok Barat yang sudah mendapat bantuan tahap pertama 21 Ribu KK, sedangkan yang tahap kedua sekitar 15 ribu KK. Selain itu, ada tambahan berupa tenaga kontrak dan tuna netra berjumlah 1.400 orang, sehingga total penerima JPS Covid -19 yaitu 38.904 KK. (her)

  PSBK, 70 Persen Warga Kota Bima akan Diberikan Masker

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here