Terapkan Prokes Ketat, Ummat Sukses Gelar Wisuda DIII dan Sarjana Angkatan ke-51

Rektor UMMAT, H. Arsyad Abd. Gani memindahkan tali toga saat wisuda Ummat angkatan ke-51.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) sukses menggelar Wisuda DIII dan Sarjana Angkatan ke-51 di Aula H. Anwar Ikraman UMMAT pada Kamis, 30 September 2021. Pihak kampus melaksanakan wisuda dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, mengikuti anjuran pelayanan kesehatan Kementerian Kesehatan RI di era kenormalan baru. Sebanyak 599 wisudawan mengikuti acara wisuda yang dibagi dalam dua sesi pada pagi dan siang hari.

Rektor UMMAT, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan, ia atas nama pribadi, maupun institusi, dan seluruh civitas akademika dengan penuh kebanggaan pada wisuda Angkatan ke-51 ini mempersembahkan 599 orang lulusan UMMAT dari berbagai Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu kesehatan, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Agama Islam.

Iklan
Rektor Ummat, H. Arsyad Abd. Gani. (Suara NTB/ist)

“Saat ini jumlah lulusan UMMAT yang menyebar ke berbagai pelosok daerah telah mencapai 22.253 orang. Pada hari ini kami kembali mempersembahkan 599 orang lulusan sehingga total lulusan UMMAT sampai wisuda hari ini (kemarin) sejumlah 22.852 orang. Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab UMMAT kepada masyarakat, bangsa, dan Negara, khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, hingga mampu bersaing di era industri 4.0 dewasa ini,” jelasnya.

Ia menyampaikan, Ummat yang sudah mencapai usia ke-42 tahun sudah berhasil mengantarkan putra putri terbaik UMMAT meraih berbagai prestasi dan penghargaan dalam berbagai lomba, baik nasional maupun internasional seperti kegiatan PILMAPRES dan pertukaran Pelajar internasional. Ini merupakan bukti dari dedikasi pihaknya dalam meningkatkan mutu pendidikan dan juga kualitas mahasiwa kami. Ia juga bersyukur tahun ini UMMAT membuka Pascasarjana untuk prodi Ilmu Hukum dan Ilmu Lingkungan.

“Maka dari itu, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Anda yang telah menjadikan Ummat sebagai tempat pendidikan terbaik putra dan putri anda,” ujarnya.

Wisuda Ummat dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pagi dilaksanakan mulai pukul 08.30 Wita sampai dengan 11.00 Wita, diikuti wisudawan dari FKIP, FATEK, FH, FAI, dan FAPERTA dengan jumlah 362 wisudawan. Dengan rincian 90 orang cumlaude, dan 272 orang non-cumlaude. Sesi siang dilaksanakan pada pukul 13.00 Wita sampai dengan 16.00 Wita, diikuti oleh wisudawan dari FISIP dan FIK sebanyak 237 orang, dengan rincian 48 orang cumlaude, dan 189 non-cumlaude.

UMMAT akan memberikan penghargaan kepada wisudawan yang memperoleh predikat cumlaude. Untuk wisudawan terbaik I akan diberikan hadiah uang pembinaan dari Ummat senilai Rp3 juta, terbaik II diberikan uang pembinaan sebesar Rp2 juta. Terbaik III diberikan uang pembinaan sebesar Rp1 jutayang dipersembahkan oleh Bank Dinar. Sedangkan untuk tiga wisudawan terbaik dari masing-masing fakultas akan diberikan uang pembinaan dari Bank NTB Syariah berupa tabungan untuk terbaik I senilai Rp500 ribu, terbaik II Senilai Rp300. Ribu, terbaik (III) Senilai Rp200 ribu.

Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., dalam sambutannya secara virtual mengatakan, atas nama majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, ia menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang diwisuda, dan selamat kepada orang tua yang telah berkorban bertahun-tahun. “Kami juga mengucapakan selamat dan terima kasih juga kepada para dosen dan pengurus Ummat, karena sentuhan dari para dosen dan segenap pengurus Ummat bisa menambah lagi barisan intelektual, cendekiawan di Republik ini,” ujarnya.

Kepala LL Dikti Wilayah VIII, Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si.,mengatakan, perguruan tinggi harus dikelola berbasis mutu. Ia juga meminta para wisudawan jangan pernah malas, karena malas merupakan penyakit yang akan membuat wisudawan tidak berhasil.  Wisuda Ummat juga diisi dengan orasi ilmiah dari Dr. Syafril, S.Pd., M.Pd., berjudul Pariwisata Halal Nusa Tenggara Barat: Concept, Problem, and Strategy. (ron)

Foto bersama pimpinan Ummat dengan para wisudawan.(Suara NTB/ist)
Penyerahan hadiah bagi wisudawan terbaik.(Suara NTB/ist)
Cek suhu tubuh bagi wisudawan sebelum memasuki lokasi wisuda sebagai bagian dari penerapan prokes.(Suara NTB/ist)
Wisudawan mencuci tangan sebagai bagian dari penerapan prokes.(Suara NTB/ist)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional