Terapi Oksigen Hiperbarik Dapat Tingkatkan Vitalitas dan Kebugaran

Mataram (suarantb.com) – RSUD Kota Mataram telah membuka layanan terapi oksigen hiperbarik sejak Februari 2016 lalu. Terapi yang dilakukan di dalam sebuah ruangan yang dinamakan hyperbaric chamber ini tak hanya diperuntukkan bagi penderita penyakit tertentu, tapi orang sehat pun bisa melakukan terapi ini.

Manfaat terapi ini salah satunya adalah meningkatkan kebugaran dan vitalitas. Demikian disampaikan dokter RSUD Kota Mataram yang bertugas di ruangan hiperbarik, dr. Devi Rina M. Tarigan, kepada suarantb.com, Selasa, 19 Juli 2016.

Rina menerangkan oksigen yang dihirup dalam terapi ini akan membantu metabolisme tubuh, sehingga dapat meningkatkan kebugaran dan vitalitas. Terapi ini juga bisa dilakukan para perempuan. Terapi ini bisa mempercantik kulit karena bersifat seperti anti penuaan.

Hyperbaric

Terapi oksigen hiperbarik adalah terapi pengobatan dengan menggunakan oksigen murni di dalam ruangan bertekanan tinggi. Terapi ini hanya menggunakan oksigen murni, tanpa menggunakan obat-obatan.

“Disini kami menggunakan oksigen 100 persen. Sedangkan kalau kita menghirup udara di luar hanya sekitar 28-30 persen oksigen yang kita hirup. Karena ada banyaknya polusi dan pencemaran udara,” jelas Devi.

Terapi ini pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut. Tentara yang sudah menyelam masuk ke dalam hyperbaric chamber untuk menyesuaikan diri lagi dengan tekanan udara sekitarnya. “Karena tekanan udara di bawah laut kan berbeda. Oleh karena itu, terapi oksigen hiperbarik ini sangat cocok untuk pasien dekompresi. Jika setelah menyelam mengalami dekompresi, bisa ikut terapi ini,” jelasnya.

Selain pasien dekompresi, pasien kencing manis, vertigo, stroke, pasien pos luka bakar juga bisa mengikuti terapi ini. Terapi ini sangat efektif untuk mempercepat pemulihan pasien tersebut dengan bantuan oksigen.

Hingga saat ini sudah ratusan pasien yang ditangani RSUD Kota Mataram melalui terapi ini. “Kami sudah melayani banyak pasien, mulai dari warga lokal hingga turis asing. Turis ini kebanyakan sebelumnya sudah melakukan penyelaman,” ujarnya.

Mengenai biaya terapi, satu kali terapi pasien dikenai biaya Rp 231 ribu. Tersedia juga paket seharga Rp 1.097.000 untuk lima kali terapi. (ros)