Terakreditasi Bintang Dua, RSUD Dompu Siap Layani dengan Hati dan Senyum

Dompu (Suara NTB) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan didukung tenaga medis dan paramedis yang profesional serta di lengkapi dengan fasilitas kesehatan yang memadai.

“Melayani dengan hati dan senyum menjadi moto kami di rumah sakit (RS) Dompu,” kata Direktur RSUD Dompu, dr. H. Syafruddin melalui Humasnya, Gunawan, A.Md.Pik kepada Suara NTB beberapa waktu lalu.

Iklan

Moto rumah sakit ini merupakan implementasi dari visi, pelayanan kesehatan yang prima secara profesional. Untuk mewujudkan visi ini, RS Dompu menetapkan 5 misinya yaitu memberikan pelayanan kesehatan yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien, meningkatkan sumber daya manusia, sarana dan prasarana, memberikan perlindungan hukum dan keselamatan kerja terhadap karyawan, menciptakan lingkungan kerja yang sehat, harmonis, aman dan sejahtera, serta menjadi pusat rujukan sarana kesehatan Kabupaten Dompu.

Gunawan, A.Md.Pik.

Sebagai pusat rujukan sarana kesehatan di Kabupaten Dompu, RSUD memiliki beberapa pelayanan seperti gawat darurat 24 jam, pelayanan anastesiologi dan terapi intensif, pelayanan peristi dan persalinan komprehensif, pelayanan medis spesialis, pelayanan penunjang medis, pelayanan rawat inap, dan pelayanan khusus.

Pelayanan rawat jalan yang didukung spesialis  seperti syaraf, penyakit dalam, anak, bedah, obstetri dan ginekologi atau kebidanan dan kandungan, mata, serta spesialis gigi dan mulut. Masing – masing spesialis didukung dan didampingi dokter umumnya. “Mereka melayani pasien setiap hari di poli untuk layanan rawat jalan,” jelas Gunawan.

Pelayanan rawat jalan ini dilakukan terhadap pasien umum maupun pasien BPJS kesehatan melalui loket pendaftaran pasien. Pasien yang sudah mendaftar akan diverifikasi oleh petugas untuk mengetahui catatan medis serta status pasien sebagai peserta BPJS kesehatan atau pasien umum. Untuk menghindari kerumunan pasien akibat banyaknya pasien yang ingin mendapat layanan melalui poli, pihak rumah sakit menggunakan sistem nomor antrian dan panggilan dengan pengeras suara apabila antrian sudah tiba.

Tidak hanya itu, RSUD Dompu juga memiliki dokter spesialis anestesi berfungsi selama pembedahan berperan memantau  tanda – tanda vital pasien karena sewaktu – waktu dapat terjadi perubahan yang memerlukan penanganan secepatnya. Karena terkait operasi bedah, keberadaan spesialis ini berada di ruang operasi.

Pihak rumah sakit juga menyediakan layanan kritik dan saran dari setiap layanan yang diberikan. Kotak saran ini disediakan sebagai otokritik bagi pihak rumah sakit dari penerima layanan. Setiap kritik dan saran yang disampaikan, pihak rumah sakit langsung meresponnya dengan segera. (ula/*)