Temukan Keunikan Pulau Lombok di Tempat-tempat Ini

Lombok telah menjadi destinasi wisata paling menarik yang membuat banyak wisatawan ingin bertandang. Di pulau yang tidak terlalu besar ini, kamu bisa menemukan aneka destinasi wisata yang menarik. Ada wisata sejarah dan budaya yang kaya, wisata penjelajahan gunung, hingga wisata pantai dan pulau yang memikat.

Kalau kamu datang ke Lombok untuk menghabiskan liburan atau ingin menyegarkan kepala, coba jelajahi beberapa destinasi unik di bawah ini. Lombok tidak melulu soal Rinjani dan Gili Trawangan saja. Ada banyak tempat baru yang bisa dijelajahi hingga puas.

Iklan
  1. Air Terjun Mangku Sakti

Source – lombokgilis

Air Terjun Mangku Sakti terletak di kawasan desa Sajang yang masih bagian dari Sembalun. Lokasinya sekitar 50 kilometer dari Selong. Dari kawasan Desa Sajang, kamu bisa bergerak ke lokasi dengan menggunakan sepada motor atau jalan kaki. Jaraknya sekitar 3 kilometer dengan medan yang cukup terjal dan juga berbatu.

Dari kawasan parkiran motor, kamu harus berjalan lagi sekitar 20 menit untuk bisa melihat air terjun yang menakjubkan. Air yang jatuh ke sungai memiliki warna biru laut dan mengalir ke celah-celah batu besar hingga rasanya seperti berada di Grand Canyon.

  1. Tanjung Poki

Yang menjadikan Tanjung Poki layak untuk dijelajahi ketika berada di Lombok adalah deburan ombaknya. Saat gelombang besar dari tengah laut menghantam daratan, cipratan air akan terhempas ke udara. Pemandangan ini terlihat unik dan selalu menjadi buruan para wisatawan yang hobi fotografi.

Setiap hari, ratusan cipratan air yang oleh warga lokal dijuluki Tears of Angel ini menghadirkan pemandangan yang luar biasa. Kamu bisa mendekat hingga di depan bebatuan tempat ombak menghantam daratan dan air laut membuncah. Selain cipratan air, tebing batu di sekitar tanjung juga terlihat menarik untuk dibidik dengan kamera.

  1. Gua Bangkang

Source – idolamertua

Gua Bangkang adalah tempat unik yang wajib dikunjungi ketika kamu menjelajah di kawasan Kuta, Lombok. Di dekat Pantai Mawun ada perbukitan batu yang memiliki celah cukup dalam di dekatnya. Celah ini dijadikan rumah bagi ribuan kelelawar yang keluar saat hari gelap.

Waktu terbaik untuk mengunjungi gua ini adalah menjelang senja. Berkas-berkas cahaya akan tampak jelas menembus celah bebatuan. Selain itu, bunyi kelelawar yang keluar dari gua juga menjadi atraksi yang tidak bisa terlupakan. Namun ingat, gunakan topi atau pelindung kepala lain agar tidak terkena kotoran dari kelelawar yang lalu-lalang.

  1. Bukit Pergasingan

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi pendakian, tapi tidak mampu menaklukkan Rinjani, datanglah ke Bukit Pengasingan. Di tempat ini, kamu bisa melakukan penjelajahan yang cukup menantang hingga tiba di puncak dengan pemandangan Gunung Rinjani di ujung jauh dan hamparan sawah yang menakjubkan.

Di atas bukit, kamu bisa kamping untuk menyaksikan keindahan langit malam dan matahari terbit di pagi hari. Selanjutnya, kamu bisa berburu foto hingga melakukan olahraga ekstrem seperti paragliding dari puncak bukit menuju kawasan persawahan yang ada di bawahnya.

  1. Pantai Semeti

Source – wisatadilombok

Di Pantai Semeti, kamu tidak akan menemukan pasir putih yang lembut, tapi deretan karang yang memikat. Sejauh mata memandang, hanya ada batu-batu karang dengan bentuk mirip piramida sehingga kawasan ini dikenal juga sebagai kawasan Pyramid in the Sea.

Oh ya, selain piramida yang menakjubkan, struktur batuan yang ada di sekitar pantai juga unik. Hampir sebagian besar batuan berbentuk pecahan heksagonal dan bisa digunakan untuk pendakian. Saat ke sini, sempatkan untuk menguras adrenalin dengan menjelajahi piramida dan berswafoto di atas sana.

  1. Air Terjun Benang Kelambu

Yang menjadikan air terjun ini unik dan menjadi buruan para wisatawan adalah jumlah dan bentuk alirannya. Setidaknya ada 6 air terjun kecil yang mengalir ke bawah melalui celah-celah pohon dan juga semak. Aliran ini membuat air terjun jadi terlihat kecil dan mirip sekali dengan kelambu atau gorden.

Untuk menikmati air terjun ini, kamu bisa melakukan sesi foto-foto atau naik ke atas dan menikmati alirannya yang unik. Biasanya wisatawan akan melakukan kegiatan relaksasi seperti yoga atau sekadar berkeliling hingga puas. Kamu bisa memanjakan diri di sini untuk membuang penat dan menepi dari hiruk-pikuknya Gili Trawangan atau Kota Mataram.

  1. Rinjani Lodge

Source – www.chasingplaces

Kalau kamu sudah lelah saat melakukan penjelajahan di kawasan Lombok, jangan sungkan untuk mampir ke Rinjani Lodge. Hotel di Lombok ini terletak di pegunungan kawasan Rinjani yang sejuk dan alami. Kamu bisa menikmati perbukitan hijau sembari berendam di infinity pool yang menjorok ke arah perbukitan.

Akomodasi di Lombok yang mewah ini bisa didapatkan dengan mudah dengan memesannya secara online. Melalui web seperti Traveloka, kamu bisa memilih jenis ruangan yang akan ditempati dan waktu terbaik untuk melepas penat dan menyegarkan jiwa dan juga raga.

Inilah beberapa keunikan yang bisa kamu jelajahi ketika berada di Lombok. Selamat berlibur ya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here