Tempuh Jalur Ekstrem, Vaksinator Layani Warga di Pelosok Lobar

Kepala UPT BLUD Puskesmas Pelangan  bersama tim vaksinator melayani vaksin bagi warga pelosok dan daerah gili di Lobar, Selasa, 12 Oktober 2021.(Suara NTB/Ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Tim vaksinator di UPT BLUD Puskesmas Pelangan melayani vaksinasi bagi warga masyarakat terutama yang berada di daerah pelosok perbukitan dan pulau-pulau kecil atau gili. Mereka menempuh jalan ekstrem ke perbukitan hingga menyeberangi lautan.

Kepala BLUD Puskesmas Pelangan, Ns Zulqubi., S.Kep mengatakan wilayah kerja puskesmas mencakup lima desa, masing-masing Batu Putih, Pelangan, Gili Gede, Kedaro, Sekotong Barat. Untuk pelayanan vaksinasi di daerah setempat masih terkendala persoalan vaksin yang limit. Tidak saja di sana, namun di semua puskesmas. Kalau ada vaksin barulah tim vaksinator turun pelayanan.

Iklan

“Kami melayani daerah perbukitan hingga gili. Tim turun ke lokasi itu. Kalau ke daerah berbukitan seperti di Kedaro yang medannya ekstrem. Begitu pula ke gili, menyeberang laut,” jelas dia, Selasa, 12 Oktober 2021. Dikatakan, daerah yang agak sulit medannya adalah Kedaro. Karena jalannya esktrem, di mana jalannya belum semuanya beraspal. Sedangkan untuk pelayanan di Gili, seperti Gili Gede dan Asahan tim harus menyeberang lautan.

Pihaknya sendiri memiliki tujuh tim vaksinator. Dari tujuh tim ini, satu tim tetap siaga di puskesmas untuk pelayanan. Tim vaksinator yang diterjunkan tergantung jumlah warga yang akan dilayani. Kalau pelayanan 100-200 orang cukup satu tim. Nanti pendataan menurut dusun kemudian dipastikan ketersediaan vaksin. Kadang-kadang ia langsung melakukan vaksinasi, seperti di Pelangan, ia melakukan vaksinasi sampai selesai. Karena, ia memiliki kompetensi.

Untuk menjamin pelayanan kepada masyarakat. Ia menambahkan, untuk entry data sendiri dilakukan tim kepolisan dan OPD. “Bahkan mereka sampai menginap di rumah dinas Kami di puskesmas,” ujarnya. Karena seperti pelayanan di Kedaro dan pelangan sampai tengah malam. Sejauh ini tambah dia, vaksinasi baru 31 Persen lebih menyeluruh di sekotong. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional