Tempat Hiburan Malam Diizinkan Buka

H. Nizar Denny Cahyadi. (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Seluruh tempat hiburan malam di Kota Mataram boleh beroperasi kembali mulai Kamis, 16 September 2021. Hal tersebut mengikuti terbitnya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42/2021 yang mengatur izin operasional tempat hiburan bagi wilayah PPKM level tiga.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi menyebut pembukaan kembali tempat hiburan tersebut tetap harus mengikuti protokol kesehatan (prokes). Untuk itu pihaknya menyiapkan tim untuk melakukan pengawasan terkait pelaksanaan operasional tersebut.

Iklan

“Hari ini mulai dibuka, semua objek wisata dan tempat hiburan seperti karaoke dan bioskop juga boleh. Tetapi ini harus pakai prokes dan harus mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk pengunjung dan wisatawan,” jelas Denny, Kamis, 16 September 2021.

Selain pengunjung, pengelola tempat hiburan juga diwajibkan memanfaatkan aplikasi PeduliLIndungi sebagai langkah skrining awal bagi seluruh pengunjung dan pegawai. Bagi unit usaha yang tidak mematuhi aturan tersebut dapat diberi sanksi, paling berat ditutup kembali.

“Dari Dispar hanya akan mengawasi. Akan mensurvei tempat hiburan dan lokasi-lokasi wisata yang ada di Kota Mataram apakah itu terpasang atau belum,” ujar Denny. Selain penerapan protokol kesehatan standar seperti penggunaan masker dan jaga jarak, pihaknya berharap penggunaan aplikasi PeduliLIndungi juga menjadi upaya bersama untuk menyelaraskan pergerakan dunia usaha bidang pariwisata dengan penanganan pandemi Covid-19.

Dalam aturannya, tempat hiburan diizinkan beroperasi dengan syarat wajib menggunakan aplikasi PeduliLIndungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai. Kapasitas maksimal juga dibatasi 50 persen dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam PeduliLindungi yang boleh masuk.

Selain itu pengunjung usia di bawah 12 tahun dilarang masuk. Mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh. Di mana penentuan daftar perusahaan yang akan mengikuti uji coba pembukaan tempat hiburan tersebut akan ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional