Tegakkan Prokes, Zona Hijau Butuh Dukungan Semua Pihak

Warga yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan sesuai dengan Perda pencegahan penyakit menular, terjaring razia dan diberi sanksi.(Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Mantan Ketua Pansus Pengawasan Penanganan Covid-19 DPRD Kota Mataram, Abd Rachman, SH., mengapresiasi kemajuan penanganan covid-19 di Kota Mataram. Kemajuan ini terlihat dari menurunnya jumlah kasus. Bahkan selangkah lagi Kota Mataram akan menuju zona hijau.

’Alhamdulillah, Mataram berangsur-angsur pulih tapi tentunya ini membutuhkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak. Baik masyarakat maupun pemerintah,’’ katanya kepada Suara NTB, Jumat, 23 Oktober 2020. Terutama dalam hal penegakkan protokol kesehatan di Kota Mataram. Jangan sampai, karena ada anggapan bahwa covid-19 sudah selesai, kemudian masyarakat menjadi lalai.

Iklan

Kelalaian itu, lanjut Rachman, dapat memicu terjadinya ledakan kasus covid-19. ‘’Ini yang kita khawatirkan,’’ cetusnya. Politisi Partai Gerindra ini mendukung upaya penegakkan protokol kesehatan di Kota Mataram seperti razia masker. ‘’Kita berharap, itu lebih digiatkan lagi dan lebih banyak mensosialisasikan protokol kesehatan,’’ ucapnya.

Pihaknya tidak ingin, pengabaian atas aturan ini memunculkan lagi kasus-kasus baru. Apalagi sebentar lagi akan ada beberapa momentum yang berpotensi terjadi kerumunan masyarakat. Seperti Pilkada pada 9 Desember mendatang dan yang paling dekat adalah perayaan maulid Nabi Muhammad SAW. ‘’Jangan sampai masyarakat mengacuhkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,’’ katanya mengingatkan.

Untuk itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Mataram ini mengimbau masyarakat untuk menjaga diri dengan cara melaksanakan protokol kesehatan. ‘’Sehingga kita bisa sama-sama keluar dari pandemi covid-19,’’ harapnya. Rachman menilai, sosialisasi yang dilakukan Pemkot Mataram cukup efektif menekan kasus covid-19 di Kota Mataram. Penerapan protokol kesehatan juga harus terus diawasi. ‘’Sampai kasus covid diKota Mataram ini benar-benar kosong,’’ demikian Rachman. (fit)