Tari Gandrung dalam Modifikasi Motor

Giri Menang (suarantb.com) – Tari Gandrung, salah satu tari tradisional Lombok dijadikan tema dalam modifikasi motor menggunakan media stiker. Kreativitas yang mengedepankan budaya lokal ini membawa Rama Putra berhasil meraih dua juara dalam kompetisi Hot Import Nights (HIN) Lombok 2016.

Rama meraih Juara Pertama untuk kategori Stiker/Decals dan Juara Ketiga di kategori Free For All (FFA) <2006. Demikian pantauan suarantb.com di Lombok City Center (LCC), Minggu, 21 Agustus 2016.

Iklan

Rama memodifikasi motor jenis Scoopy dengan tema Tari Gandrung. “Biasanya peserta itu mengangkat budaya daerah masing-masing, makanya saya pilih buat menampilkan Tari Gandrung,” ujarnya.

Pria asli Mataram ini mengaku kesulitan dalam pembuatan stikernya. Untuk itu ia memesan stiker tersebut di Pulau Jawa. “Stiker saya tidak buat sendiri tapi pesan dari Jawa. Tetapi saya memberikan arahan nanti stikernya dibentuk seperti apa. Nah, yang susah itu membuat gambar wajah penari. Karena harus dilakukan dengan detail,” jelasnya.

2

Motor hasil modifikasi Rama yang meraih juara satu kategori Stiker.

Proses membuat stiker dan pemotongannya menurut Rama merupakan proses yang paling lama. “Untuk modifikasi pakai stiker ini butuh waktu sekitar sebulan. Proses cutting stikernya yang lama, ini yang menjadi bagian paling sulit,” tambahnya.

Sedangkan untuk kategori FFA <2006 Rama menggunakan motor jenis Astrea Star. Kategori ini sendiri melombakan modifikasi motor keluaran di bawah tahun 2006. Untuk jenis motor tidak ditentukan, semua jenis motor bisa ikut serta.

“Kalau untuk modifikasi motor Astrea ini butuh waktu sekitar dua minggu. Biayanya juga lebih murah dari yang stiker,” ujarnya.

Kecintaan Rama dengan dunia modifikasi dimulai sejak lima tahun yang lalu. Ia juga sudah banyak mengikuti kompetisi modifikasi motor di Lombok. Tiap ada kompetisi modifikasi, ia pasti mengikuti. Ia juga pernah mendapat Juara Pertama Minimalis Fashion Matic 2016 dan Juara Ketiga Machine Moto Contest kelas aksesoris.

  Lalu Zohri Dipastikan Perkuat Indonesia di Asian Games

Sebagai salah satu anak muda kreatif, Rama berharap kompetisi modifikasi sering diadakan di Lombok. “Semoga tahun depan kompetisi seperti ini diadakan lagi. Dan semoga semakin banyak kontes modifikasi tingkat nasional di Lombok,” harapnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here