Target Usung Kader, NasDem Mulai Cermati Peta Konstalasi Politik Lobar

Muhammad Amin (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – DPW Partai NasDem NTB dari sekarang mulai melakukan pencermatan terhadap peta konstelasi politik di Kabupaten Lombok Barat. Hal itu dilakukan lantaran NasDem berencana menampilkan kader terbaiknya di Pilbup Lobar mendatang. Hal itu diungkapkan Ketua DPW NasDem, H. Muhammad Amin kepada wartawan Jumat, 19 Februari 2021. Ia menegaskan, makin dini partainya mengambil start, maka makin matang untuk rencana strategi yang akan diambil.

“Tentu pencermatan-pencermatan politik harus mulai kita lakukan dari sekarang, agar kita punya pemetaan yang baik,” katanya. Terkait hal itu, dalam waktu dekat pihaknya akan membahasnya dengan pengurus NasDem Lobar.

Iklan

Dikatakan Amin, pada Pilkada serentak 2020 lalu, Nasdem dinilai berhasil lantaran mampu memenuhi target nasional menang di lima Pilkada dari tujuh daerah yang melaksanakan pilkada di NTB. Menurutnya hal itu tidak lepas dari matangnya pengkajian politik yang dilakukan sebelum menjatuhkan dukungan.

“Kita bisa meraih hasil yang sangat baik di Pilkada Serentak 2020, tentu tidak lepas dari analisa menyeluruh dan pencermatan dalam waktu yang tidak singkat,” ungkapnya. Walupun, pelaksanaan Pilkada Lobar terbilang masih jauh. Tetapi NasDem dari sekarang akan mulai menjaring informasi sebanyak-banyaknya, aspirasi dan harapan masyarakat Lobar terhadap sosok figur Kepala Daerah yang diinginkan.

Karena itu tidak salah jika dari sekarang NasDem mulai melakukan pemetaan terhadap konstelasi politik di Lombok Barat yang ditargetkan untuk bisa mengusung kader sendiri. “Seperti apa kriteria pemimpin yang diinginkan, sehingga kita bisa menawarkan kader terbaik NasDem,” katanya.

Ketika ditanya lebih jauh, apakah sudah ada mengerucut figur kader yang dinilai tepat akan disiapkan NasDem untuk diturunkan di Pilbup Lobar. Wakil Gubernur NTB periode 2013-2018 itu menegaskan belum sampai di sana. “Belum, masih jauh, kalau yang itu,” ujarnya.

Tetapi yang jelas, NasDem tetap berharap bisa mengusung kader di Lobar. Sejumlah nama figur kader NasDem yang sudah cukup mencuat kepermukaan digadang-gadang akan tampil, yakni diantaranya anggota DPRD NTB sekaligus Sekretaris DPW NasDem NTB Multazam dan Ketua DPD NasDem Lobar HL. Herwanto. Selain itu ada juga nama anggota DPRD NasDem Lobar seperti Tarmizi dan Agus Mursalim juga dinilai punya kans yang sama.

Meski demikian, NasDem juga tak menutup diri untuk figur lain di luar kader. Beberapa nama tokoh yang berkembang di tengah masyarakat digadang-gadang bakal tampil maju diantaranya Hj. Khairatun, istri dari Bupati Fauzan Khalid, Hj Sumiatun, hingga Kepala Inspektorat NTB Ibnu Salim. “Kita juga tetap pantau figur luar partai. Semua, semuanya kita pantau, termasuk mereka yang sudah disebut-sebut itu,” pungkasnya. (ndi) 

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional