Target Penurunan Kemiskinan di Sumbawa Sulit Tercapai

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Target penurunan kemiskinan sebesar 2 persen per tahun di Sumbawa tampaknya sulit tercapai. Mengingat kemampuan untuk mengatasi variabel kemiskinan belum maksimal dilakukan. Dengan Rumah Tangga Miskin (RTM) atau jumlah penduduk miskin terbesar di Sumbawa saat ini ada di Kecamatan Utan.

Kepala Bappeda Sumbawa, Ir. H Iskandar saat ditemui Suara NTB, Jumat, 17 Maret 2017 mengatakan, dalam rapat koordinasi (Rakor) Kemiskinan yang telah digelar, pihaknya menaruh target penurunan kemiskinan dua persen per tahun adalah sesuatu yang sulit dicapai. Sebab memang variabel penyebab kemiskinan masih beragam. Sementara kemampuan untuk mengatasi variabel tersebut masih belum maksimal.

Iklan

Katakan saja, daya dukung pelayanan publik yang masih lemah. Begitu pula dengan infrastruktur jalan untuk menjangkau semua pusat ketersediaan sumberdaya untuk menuju ke pasar, agar tidak perlu transportasi biaya tinggi juga tidak bisa maksimal. Belum lagi tentang layanan publik di bidang kesehatan dan pendidikan. Apalagi berbicara tentang ekonomi dan sektor riil.

Langkah yang bisa dilakukan saat ini untuk mengejar target penurunan dimaksud, untuk 2018, mengarahkan program prioritas untuk penaggulangan kemiskinan. Mengingat program 2018 saat ini masih dalam perencanaan.

Sedangkan pada 2017 ini, mempercepat serapan anggaran dan pelaksanaan program. Agar uang yang beredar di masyarakat lebih besar dan banyak tersedia. Sehingga peluang masyarakat untuk mendapatkan uang dan berbelanja untuk kebutuhannya menjadi lebih mudah.

Menurut H. Iskandar, jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Sumbawa sebesar 42.809 RTM atau 37,27 persen dari jumlah rumah tangga di Sumbawa yang sebanyak 114.868 rumah tangga. Kecamatan Utan adalah kecamatan dengan jumlah RTM terbesar yakni, 3.852 RTM dan terendah adalah kecamatan Lantung dengan 535 RTM.

Dari segi jumlah penduduk miskin menurut jenis kelamin di Sumbawa berdasarkan data BPS 2016, 73.570 jiwa atau 16,73 persen. Berdasarkan data TNP2K, tercatat sebesar 158.581 jiwa dengan 42. 809 RTM dan rentan miskin. Sementara jumlah penduduk Kabupaten Sumbawa tahun 2015, 441.102 jiwa (BPS 2016). Artinya dalam 40 persen warga miskin di Sumbawa, terdapat 85.011 jiwa dalam status rentan miskin. Kecamatan Utan juga menjadi yang terbesar dari ssegi penduduuk miskinnya yakni ssebesar 14.234 jiwa. (arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here