Target Pajak akan Diturunkan

H. M. Syakirin Hukmi. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Kebijakan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat berpengaruh signifikan terhadap penerimaan daerah. Penerimaan dari sektor pajak pun akan dievaluasi. Dampak pandemi berpeluang dilakukan penurunan target pajak.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram, H. M. Syakirin Hukmi menyampaikan, asumsi penerimaan daerah dalam penetapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sudah terjadi perubahan. Kemungkinan dari sektor pajak juga dilakukan penyesuaian kembali dengan kondisi terkini. Kemungkinan dilakukan evaluasi penurunan target. Pasalnya, lima bulan terakhir ini seluruh potensi pajak berpengaruh. “Cuma yang tidak berpengaruh itu adalah bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB),” kata Syakirin dikonfirmasi Rabu, 28 Juli 2021.

Iklan

Sedangkan, pajak penerangan jalan umum (PJU) turut berpengaruh, apalagi dengan kebijakan pemberian subsidi bagi masyarakat. Pajak restoran, hotel, tempat hiburan, PBB dan pajak terkena dampak. Estimasi imbas dari penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat selama dua pekan lalu akan dilihat pada tanggal 15 Agustus mendatang. Pihaknya akan melihat setoran pada masing – masing wajib pajak.

Kendati demikian, Syakirin memiliki ancang – ancangan dari target pajak Rp139 miliar akan terjadi penurunan mencapai 10 persen atau sekitar Rp13 miliar lebih. “Pokoknya sekitar 10 persen bakal turun,” ucapnya.

Posisi pendapatan pajak saat sampai bulan Juni sebutnya, baru mencapai 40 persen atau sekira Rp16,6 miliar. Pihaknya terus berupaya mengoptimalkan penyerapan pendapatan daerah dengan mengintensifkan juru pungut.

Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi dikonfirmasi sebelumnya mengatakan, pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap sejumlah sektor baik itu kesehatan, ekonomi dan aktivitas sosial masyarakat. Bukan berarti karena pandemi, Pemkot Mataram malah menurunkan target pendapatan asli daerah (PAD). Artinya, harus ada upaya atau ikhtiar harus dilakukan untuk mengoptimalisasikan sumber pendapatan itu. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional