Target 17 Emas Bisa Terkejar

Ilustrasi Medali (Pixabay)

Merauke (Suara NTB) – Hingga, Kamis, 7 Oktober 2021 kontingen NTB telah mengoleksi sebanyak 5 medali emas, 5 perak dan 2 perunggu di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021. Perolehan lima medali emas ini memang belum sesuai target. Namun demikian NTB masih bisa mengejar kekurangan medali emas guna meraih target 17 medali emas di ajang multi event Nasional.

Sebagaimana diberitakan, kontingen NTB yang diperkuat 106 atlet dan mengikuti 19 cabang olahraga PON memasang target 17 medali emas di ajang multi event olahraga nasional. Target 17 medali emas tersebut ingin diraih dari sejumlah cabang olahraga unggulan, yakni atletik lima emas, tinju (4 emas), tarung derajat (2 emas), menembak (1 emas), muai thay (1 emas) , panjat tebing (1 emas), karate (1 emas), kempo (1 emas) , balap motor (1 emas) dan voli pasir (1 emas).

Iklan

Melihat dari jumlah cabor yang ditargetkan raih 17 medali tersebut, NTB berpeluang meraih 18 medali emas dari 10 cabor tersebut. Namun demikian dari 10 cabang olahraga tersebut hingga saat ini ada satu cabor yang gagal meraih target satu medali emas yakni muay thai.

Meski cabang olahraga muay thay gagal medali emas, namun NTB masih bisa mengandalkan 9 cabor lain untuk meraih target 17 emas. Dimisalkan dari atletik, tinju, tarung derajat, kempo, voli pasir, menembak dan karate masih bisa menambah perolehan medali emas.

Saat ini, NTB sudah mengantongi lima emas. Dari cabang olahraga atletik tiga emas, panjat tebing satu emas dan balap motor satu emas. Itu artinya NTB butuh 12 medali emas lagi guna mewujudkan target 17 medali emas tersebut.

Bila dikalkulasi bahwa tambahan 12 medali emas tersebut masih bisa diharapkan dari cabor atletik yang masih bisa diharapkan meraih dua emas lagi dari  Lalu Muhammad Zohri 200 meter putra dan estafet 4×100 meter putra. Tak hanya di dua nomor itu saja, cabor atletik masih menyisakan dua juara bertahan PON, yakni Ridwan peraih medali emas 1.500 PON Jabar 2016 masih bisa diharapkan untuk menyumbang medali emas. Selain itu Adrian, atlet peraih medali emas nomor 400 meter gawang PON 2016 masih membuka peluang medali emas di atletik.

Selanjutnya di cabang olahraga tinju yang ditargetkan 4 emas juga telah meloloskan tujuh atlet ke babak semifinal, yakni Nasruddin, Saputra Samada, Huswatun Hasanah, Shinta Agustin, Endang, Ainun Azizah dan Karmila. Sementara dua petinju lainnya Jubaitul dan Riza Pastika tersingkir lebih awal. Itu artinya tinju masih punya kans meraih empat emas.

Selanjutnya di cabor lain, seperti voli pasir, tarung derajat, kempo, karate, menembak dan voli pasir masih menyisakan beberapa atlet yang akan menambah pundi-pundi emas NTB. “Kita harus tetap semangat dan harus optimis target 17 medali emas bisa diraih,” ucap Ketua Kontingen PON NTB, H. Mori Hanafi. (fan)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional