Tanpa Protokoler, Syafrudin Keliling 12 Desa di Palibelo

Bima (Suara NTB) – Anggota DPR RI dari Dapil NTB, H. M. Syafrudin, ST, MM, Selasa (12/12) kemarin memanfaatkan masa resesnya untuk menyapa konstituen di desa-desa. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 12 desa disambanginya dalam sehari. Semua kunjungan itu dilakukan tanpa protokoler.

Syafrudin yang dikonfirmasi wartawan saat mengunjungi Desa Tonggondoa, Kecamatan Palibelo, menjelaskan bahwa ia menggelar kunjungan ini tanpa formalitas demi memangkas jarak antara dirinya dengan konstituennya.

Iklan

“Kalau tanpa protokoler, itu lebih enak. Kita bebas untuk berbicara warga desa. Sehingga lebih banyak yang kita dengar,” ujar Anggota DPR RI dari PAN ini.

Menurutnya, turun dan mendengarkan masukan dari masyarakat adalah kewajiban seorang wakil rakyat. Tanpa itu, Syafrudin menegaskan bahwa seorang wakil rakyat bisa kehilangan hubungan emosional dengan rakyat yang diwakilinya. Padahal, seorang wakil rakyat dan rakyat yang diwakilinya harus seiring sejalan.

Karena itulah, dalam berbagai aktivitas kunjungannya, Syafrudin sangat menjauhi formalitas. Meski tetap berpenampilan rapi, namun tidak ada kesan berlebihan yang ia tampilkan saat reses. Ia tetap setia berkeliling mengenakan sandal jepit dengan kemeja putih dan celana bahan yang sederhana.

Setiap desa yang ia kelilingi tidak harus memberikan sambutan resmi. Terkadang, ia hanya diterima oleh beberapa staf atau petugas yang sedang berada di kantor desa jika sang kepala desa sedang tidak berada di tempat.

Di masa jabatannya kali ini, Syafrudin lebih memfokuskan pembagian bantuan untuk seluruh desa di Kabupaten Sumbawa. Pada Pemilu 2019 mendatang, ia memang berencana akan kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Dapil NTB 2, di Pulau Sumbawa.

Jenis bantuan pun telah berganti. Jika dulunya Syafrudin berkeliling membagikan kursi, maka dalam beberapa bulan terakhir, bantuan yang disalurkan berupa lima galon cat, lengkap dengan peralatan mengecatnya. Semua bantuan ini diharapkannya bisa memberikan manfaat yang cukup dirasakan untuk perbaikan sarana di desa-desa yang dikunjunginya.

Selasa kemarin, Syafrudin menuntaskan kunjungannya ke 12 desa di Kecamatan Palibelo. Kepala Desa Tonggondao, Palibelo, Husen Arsyad yang dikonfirmasi di sela kunjungan Syafrudin memberikan apresiasinya atas kehadiran Syafrudin. “Beliau ini rajin turun ke desa. Ini beliau turun ke 12 desa di Kecamatan Palibelo, dalam rangka resesnya. Bahkan nanti beliau akan terjun ke seluruh pulau Sumbawa,” ujar Husen.

Husen menjelaskan, pihaknya juga berterima kasih atas bantuan berupa lima galon cat yang diberikan oleh Syafrudin kepada pihaknya. Ia pun mengutarakan pertemuan Syafrudin dengan masyarakat di masa resesnya ini cukup bermanfaat untuk membangun komunikasi politik yang sehat antara rakyat dengan wakil rakyat mereka. “Kita berharap aspirasi ini bisa diperjuangkan oleh beliau,” ujar Husen. (aan/*)