Tangkap Limpahan Wisatawan WSBK dan MotoGP, KSB Hidupkan Jalur Kapal Cepat Pelabuhan Telong Elong – Labuhan Lalar

Salah satu pantai di KSB yang siap dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara yaitu Pantai Balad yang terletak di Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang. (Suara NTB/nas)

PEMDA Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berencana membuka konektivitas jalur kapal cepat dari Pelabuhan Labuhan Lalar – Pelabuhan Telong Elong, Lombok Timur untuk menangkap limpahan wisatawan atau penonton World Superbike (WSBK) dan MotoGP Mandalika. Event WSBK di Sirkuit Mandalika diperkirakan sebanyak 20-25 ribu penonton, sedangkan untuk MotoGP 150-165 ribu penonton.

“Jalur kapal cepat kita akan pertimbangkan. Karena Pak Gubernur juga beberapa kali, bagaimana dari Pelabuhan Telong Elong itu bisa datang ke Labuhan Lalar,” kata Bupati KSB, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M., dikonfirmasi di Kantor Bupati, Kamis, 2 September 2021.

Iklan

Ia mengatakan, jalur kapal cepat dari Pelabuhan Labuhan Lalar – Pelabuhan Telong Elong segera disiapkan untuk menyambut event WSBK dan MotoGP Mandalika. Hal ini dilakukan mengantisipasi limpahan wisatawan atau penonton WSBK dan MotoGP yang berkunjung ke KSB.

‘’Karena Pelabuhan Telong Elong lebih gampang akses ke bandara. Pantai Kuta Mandalika juga tidak terlalu jauh,’’ terangnya.

Musyafirin menambahkan, pihaknya sudah berbicara tripartit kaitan dengan menghidupkan kembali jalur penyeberangan dari Pelabuhan Labuhan Lalar – Pelabuhan Telong Elong.

‘’Yang jelas kami sudah tripartit berbicara. Supaya kita akan menghidupkan jalur kapal cepat Telong Elong – Labuhan Lalar. Kemudian dengan pihak AMNT kita juga sudah berbicara termasuk dengan Syahbandar,’’ terangnya.

Musyafirin juga mengatakan, pihaknya menata destinasi-destinasi wisata pantai yang ada di KSB. Menurutnya, KSB memiliki destinasi wisata pantai untuk surfing dan diving yang sangat bagus. ‘’Dengan harapan ada limpahan dari Pulau Lombok bisa kita tangkap,’’ tandasnya.

Sebagaimana diketahui, event WSBK direncanakan akan dilaksanakan 12 – 14 November di Sirkuit Mandalika. Sedangkan event MotoGP direncanakan bulan Maret 2022. Bahkan Dorna Sports, sebagai penyelenggara MotoGP sudah merilis Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi tes pramusim pada tahun ini. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional