Tanam 15.000 Bougenville

Madani Mukarom. (Suara NTB/her)

MENJELANG perhelatan event internasional World Superbike (WSBK) dan MotoGP, Pemprov NTB bersama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan melakukan penghijauan di dalam dan luar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Untuk mempercantik perbukitan yang berada di kawasan Sirkuit Mandalika, akan ditanam 15.000 bungan bougenville.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB, Ir. Madani Mukarom, B.Sc.F., M.Si., mengatakan untuk penghijauan di kawasan Mandalika, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., telah menunjuk Kepala Biro Umum Setda NTB, Ahmad Nur Aulia, S.STP., sebagai koordinator. Dinas LHK sendiri, kata Madani, telah berkoordinasi dengan ITDC terkait dengan penghijauan di kawasan Mandalika.

Iklan

Madani menyebut untuk menghijaukan kawasan Mandalika, yang akan menjadi tuan rumah WSBK pada 19 – 21 November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022 dibutuhkan sekitar 30.000 pohon.

“Untuk di dalam dan luar kawasan Mandalika sekitar 30.000 pohon. Beberapa bukit yang dicanangkan, pak Gubernur mau semua anak sekolah SMA/SMK yang menanam. Setelah nanam, diberikan tiket nonton gratis,” kata Madani dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 7 Oktober 2021.

Khusus untuk perbukitan yang berada di kawasan Sirkuit Mandalika, kata Madani akan ditanam sebanyak 15.000 pohon bougenville. Ketika pohon yang ditanam sudah tumbuh, maka perbukitan di Sirkuit Mandalika akan berwarna pink.

Penghijauan di kawasan Mandalika akan dilakukan dalam waktu dekat. Madani mengatakan pihaknya sudah menerjunkan petugas Dinas LHK untuk melakukan survei. “Kita juga nunggu hujan turun,” terangnya.

Selain menanam pohon bougenville khusus di perbukitan kawasan Isrkuit Mandalika, kata Madani, pohon jenis lainnya seperti ketapang kencana dan beringin juga akan ditanam di sekitar kawasan Mandalika.

“Mudah-mudahan ketika MotoGP 2022, kawasan luar dan dalam KEK Mandalika sudah hijau. Kalau saat event WSBK mungkin belum hijau,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah ditetapkan akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MotoGP selama 10 tahun. MotoGP Mandalika akan dimulai pada Maret 2022 mendatang. Tahun ini, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah dua event internasional. Yaitu, Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 12 – 14 November, dan WSBK pada 19-21 November 2021. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional