Tampil Perdana di PON, Dian Langsung Sumbang Emas

Pelari NTB, Dian Ekayanti (kiri) melompati halang rintang dalam final lari 3.000 meter halang rintang putri PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis, 14 Oktober 2021. Dian meraih medali emas, sementara pelari Sulawesi Selatan Fitri meraih medali perak dan pelari NTT Afriana Paijo meraih medali perunggu.(ant/bali post)

Mimika (Suara NTB) – Tampil pertama kali di ajang multi event olahraga nasional, atlet atletik NTB, Dian Ekayanti langsung mempersembahkan medali emas di cabang olahraga atletik Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021. Atlet unggulan NTB ini meraih medali emas di nomor 3.000 meter Halang Rintang  (HR) di GOR Atletik, Mimika Papua, Kamis, 14 Oktober 2021.

Medali emas ini diraih Dian setelah mencapai finis pertama dengan catatan waktu tercepat, 10 menit, 33 detik. Mengalahkan Fitri atlet Sulawesi Selatan (Sulsel) 10 menit, 46 detik di peringkat dua dan atlet asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Adriano Paijo meraih peringkat tiga dengan catatan waktu 10 menit, 55 detik.

Iklan

Catatan waktu Dian di nomor tersebut memang belum dapat memecahkan rekor nasional (rekornas) di nomor 3.000 meter HR yang masih  dipegang oleh Rini Kurniati, atlet dari  DKI Jakarta saat menjuarai nomor yang sama pada PON di Riau/2012, yakni 10 menit, 17 detik. Namun setidaknya Dian sudah membuktikan dirinya sebagai atlet tercepat di nomor tersebut.

Pelatih Atletik NTB, H. Muhdar mengatakan medali emas di nomor 3.000 halang rintang putri memang bukan nomor target yang dibebankan KONI NTB. Namun demikian  atlet  putri NTB mampu membuat sejarah baru  di ajang multi event olahraga nasional dengan meraih medali emas di nomor halang rintang.

Dian menjadi atlet putri pertama NTB yang berhasil meraih emas di nomor  3.000 meter halang rintang PON. Pasalnya di PON sebelumnya belum pernah ada atlet putri NTB yang pernah mengikuti nomor atletik ini. “Dian Ekayanti baru pertama kali ikut PON. Meski atlet pendatang baru, Dian berhasil meraih medali emas,” ucapnya.

Muhdar mengaku sudah cukup lama mempersiapkan Dian Ekayanti turun di nomor tersebut karena memang ia telah melihat talenta atlet Pelatda PON NTB tersebut. Dan akhirnya  Dian telah membuktikan kemampuannya di nomor yang mengharuskan atlet melewati beberapa rintangan.

Selain meraih medali emas di nomor 3.000 meter halang rintang, Dian Ekayanti sebelumnya juga berhasil meraih satu medali perak di nomor 1.500 meter putri. Itu artinya, Dian telah berhasil meraih satu medali emas dan satu medali perak di PON XX Papua/2021. (fan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional