Tambang Emas Raksasa akan Ubah RTRW Dompu dan NTB

Mataram (Suara NTB) – Keberadaan tambang emas raksasa di Hu’u, akan berakibat terhadap perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Dompu dan NTB. Pasalnya, areal tambang akan mencakup daerah yang cukup signifikan.

‘’Saya bayangkan kalau itu ditambang betul,  berarti tata ruang Dompu dan provinsi (NTB) harus diubah. Saya yakin itu akan mencakup wilayah yang cukup signifikan. Kandungan emas yang katanya sangat banyak itu,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB, Ir. Wedha Magma Ardhi, M.TP di Mataram, pekan kemarin.

Iklan

Jika dilihat secara kasat mata, wilayah Pulau Sumbawa hanya 35 – 40 persen yang bukan pegunungan. Sisanya merupakan pegunungan yang di dalamnya mengandung bermacam-macam mineral.

Informasi terakhir yang beredar, di Kabupaten Dompu menyimpan cadangan emas yang cukup besar. Sementara daerah tersebut juga cukup potensial untuk pengembangan sektor pariwisata.

Diharapkan Dompu dapat menyikapi hal ini dengan arif dan bijaksana. Artinya, tambang yang ada ramah lingkungan. Dompu diharapkan membicarakan masalah tambang ini dengan provinsi.

‘’Jadi tak mengambil kebijakan sendiri. Tapi didiskusikan dengan provinsi. Ini juga tak terlepas dari pusat,’’ harapnya.

Persoalannya sekarang, kata anggota Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) NTB ini, bagaimana potensi emas yang cukup besar itu dapat ditambang dengan tidak merusak lingkungan. Menurutnya, hal ini menjadi tantangan.

Pasalnya, keberadaan tambang akan mengancam sumber daya air karena daerah hulu pasti rusak. Namun dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tambang yang ramah lingkungan bukan tidak mungkin dapat diwujudkan. ‘’Mudah-mudahan ada maping baik  aspek geologi, hidrologi,’’ harapnya.

Diketahui, PT. Aneka Tambang (Antam) Tbk dan perusahaan tambang internasional asal Brazil, Vale menemukan cadangan emas dan tembaga raksasa di wilayah Hu’u, Kabupaten Dompu. Cadangan emas yang ada di Dompu diperkirakan dua kali lipat dibandingkan cadangan emas yang dimiliki PT. Newmont Nusa Tenggara yang sekarang menjadi PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

Selain emas, cadangan tembaga di Dompu juga dipekerkirakan lebih besar dari PT. Merdeka Copper Gold Tbk yang memiliki tambang di Jawa Timur (Jatim). Cadangan emas di Dompu diperkirakan mencapai 1,38 juta ton emas karena tambang Batu Hijau milik AMNT dengan cadangan 690 ribu ton emas. Sementara cadangan tembaga di Dompu diperkirakan melebihi 8,6 juta ton atau 19 miliar pounds sesuai cadangan tembaga di Merdeka Copper. (nas)