Tak Terapkan “Eco Office”, OPD Pemprov Terancam Kena “Punishment”

Syamsuddin (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB mewajibkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menerapkan eco office di seluruh perkantoran. Bagi OPD yang tidak menerapkan eco office, maka terancam kena punishment dari Gubernur dan Wakil Gubernur.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB, Syamsuddin, S.Hut., M.Si., menjelaskan penerapan eco office di seluruh OPD merupakan bagian dari program zero waste untuk mewujudkan visi NTB Asri dan Lestari. Sehingga, penerapan eco office di seluruh OPD diawasi langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur.

Iklan

“Punishment-nya tergantung pimpinan daerah. Yang jelas, tim akan menilai penerapan eco office di masing-masing OPD. OPD mana saja yang sudah baik dan belum menerapkan eco office,” kata Syamsuddin dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 4 Oktober 2021.

Ia mengatakan Dinas LHK sebagai leading sektor program zero waste sedang menyusun tim yang akan menilai penerapan eco office di masing-masing OPD. Bagi OPD yang bagus dalam penerapan eco office, maka akan diberikan reward atau penghargaan.

Sedangkan bagi OPD yang buruk dalam penerapan eco office, akan mendapatkan punishment dari pimpinan. Dalam penerapan eco office, jelas Syamsuddin, akan dilihat penanganan sampah di lingkungan OPD.

“Mulai dari pemilahan sampah, pengelolaan sampah dan memastikan sampah itu bisa diolah,” katanya.

Masing-masing OPD harus memastikan sampah bisa diolah. Misalnya, sampah organik diolah menjadi pupuk cair atau gas.

Selain itu, OPD juga harus melakukan penghematan penggunaan air dan listrik. Termasuk mengurangi penggunaan kertas.

“Setiap OPD melakukan pemilahan sampah, penghematan penggunaan air dan listrik, harus ada tanaman hidup. Sehingga mendukung NTB Asri dan Lestari,” tandasnya.

Program zero waste menjadi program unggulan Pemprov NTB yang telah dicanangkan sejak akhir 2019 lalu. Pemprov NTB menargetkan hingga akhir 2023, 70 persen terkelola dan 30 persen terkurangi. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional