Tak Representatif Lagi, Dewan Sarankan Kantor Disdukcapil Loteng Dipindah

L. Sunting Mentas (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Kondisi gedung kantor pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dinilai sudah tidak representatif lagi, sehingga pelayanan publik yang diberikan menjadi kurang maksimal. Kalangan DPRD Loteng pun menyarankan supaya kantor Disdukcapil Loteng dipindah ke gedung yang lebih representatif.

“Kalau melihat kondisi gedung yang ditempati Disdukcapil sekarang kurang representatif lagi. Jadi sebaiknya dipindahkan saja. Supaya bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” saran Ketua Komisi I DPRD Loteng, L. Sunting Mentas, Kamis, 12 Maret 2020.

Iklan

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan, dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa gedung pelayanan untuk Disdukcapil Loteng harus yang lebih layak. Karena bagaimanapun baik cara pengaturan pelayanan, kalau tidak didukung dengan gedung yang layak, pelayanan tetap tidak akan bisa maksimal.

Diakuinya, dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya, Loteng belum bisa menyiapkan gedung pelayanan kependudukan yang besar. Tapi banyak gedung-gedung milik pemerintah daerah yang bisa dimanfaatkan. Terlebih sekarang kantor Bupati Loteng yang baru sudah digunakan. Jadi banyak gedung yang dimanfaatnya.

Soal layanan, ke depan pihaknya berharap tidak hanya terkonsentrasi di kabupaten saja. Disdukcapil hendaknya bisa membagi pelayanan ke kecamatan-kecamatan supaya pelayanan bisa lebih dan cepat. Masyarakat pun bisa lebih mudah mengakses pelayanan kependudukan di daerah ini. “Kalau soal kebutuhan fasilitas, jika memang membutuhkan dukungan DPRD Loteng kita pastinya akan mendukung penuh,” ujar Sunting Mentas.

Karena bagaimanapun juga, pelayanan kependudukan merupakan salah satu pelayanan publik yang vital bagi masyarakat sehingga harus didukung penuh. “Disdukcapil minta apa saja, asal itu berkaitan dengan pelayanan kependudukan kita dukung. Agar masyarakat di daerah ini ke depan bisa menikmati pelayanan yang maksimal,” tandas mantan Kepala Desa Tanak Awu ini. (kir/*)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional