Tak Pandang Umur, Bocah Kelas 5 SD Kembali Semangat Belajar Berkat JKN-KIS

Narasumber : Agiel Yusro Winaldie

Selong (suarantb.com) – Manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat dirasakan oleh seluruh kalangan tanpa terbatas pada usia. Manfaat program ini tidak hanya dapat dirasakan oleh lanjut usia tetapi juga dapat dirasakan oleh anak-anak.

Seperti halnya yang dialami oleh Agiel Yusro Winaldie (11). Ditemui tim jamkesnews di kediamannya, Agiel yang saat itu didampingi oleh sang ibu Hidayani Suryantin menceritakan bahwa dirinya bersyukur sempat mendapat manfaat yang diberikan oleh Program JKN-KIS. Bocah yang saat ini masih duduk di bangku kelas 5 SD itu pernah dibawa ke fasilitas kesehatan yang tertera pada kartu kepesertaan JKN-KIS-nya akibat demam tinggi yang dideritanya.

Iklan

“Iya, saya pernah membawa anak saya ke fasilitas kesehatan karena demam, waktu itu saya panik sekali dan kebetulan waktu itu bapaknya Agiel dinas di luar kota, jadi  tanpa banyak waktu saya langsung membawa anak saya ke fasilitas kesehatan dan saya hanya bekal Kartu KIS di saku,” kenang Hidayani kepada tim Jamkesnews.

Menurutnya, Agiel kala itu sempat memiliki keengganan untuk makan karena karena demam dan sakit tenggorokan. Akhirnya, setelah dibawa ke fasilitas kesehatan dan diperiksa oleh dokter, Agiel didiagnosa mengalami radang tenggorokan.

“Waktu itu dibilang radang tenggorokan sama dokternya. Tapi itu katanya tidak apa apa, makanya langsung diresepkan obat penurun panas dan radang oleh dokter,” lanjut orang tua Agiel.

Lebih lanjut, Hidayani bercerita bahwa pelayanan dengan menggunakan kartu JKN-KIS yang ia terima saat itu baik dan tidak ada biaya apapun yang ia bayarkan waktu anaknya mendapatkan pelayanan kesehatan. Dirinya tidak merasakan adanya tindakan diskriminasi dengan pasien umum lainnya. ia melihat bahwa semua pelayanan yang diberikan kepada pasien sama baiknya, tidak pandang jaminan kesehatan JKN-KIS maupun pasien umum.

“Tidak ada biaya sama sekali dan waktu itu juga diberi informasi bahwa Agiel harus istirahat dulu sehingga izin untuk tidak belajar bersama teman-temannya di sekolah. Sangat bersyukur sekali ada Program JKN-KIS ini, karena anak saya bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan baik, apalagi tanpa biaya,” kenangnya. (r/*)