Tak Mampu Duduk, Lansia di KLU Diambil Gambarnya Sambil Berbaring

Petugas dari Dinas Dukcapil KLU mengambil gambar warga lansia untuk KTP dalam keadaan sambil berbaring di Dusun Dasan Bangket, Desa Bentek, Kecamatan Gangga, Kamis, 15 April 2021. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Kepemilikan administrasi kependudukan (adminduk) pada warga lanjut usia (lansia) menjadi atensi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Utara (KLU). Kamis, 15 April 2021, Dukcapil menurunkan staf ke Dusun Dasan Bangket, Desa Bentek, Kecamatan Gangga, untuk merekam adminduk warga lansia usulan, masing-masing Inaq Musanep dan Inaq Maskiah.

Plt. Kepala Dinas Dukcapil KLU, Tresnahadi, S.Pt., di sela-sela perekaman mengatakan perekaman dengan mengangkut alat rekam dan alat cetak ke rumah warga lansia menjadi prioritas untuk mempercepat kepemilikan adminduk bagi warga bersangkutan. Hal ini sejalan dengan inovasi pelayanan, sekaligus mendekatkan pelayanan kepada warga berkebutuhan khusus.

Iklan

“Untuk warga lansia memang menjadi prioritas. Faktor umur tidak memungkinkan untuk hadir di kantor Dukcapil, kantor kecamatan, puskesmas atau kantor desa, maka kami Dukcapil yang turun ke warga,” ujar Tresnahadi.

Pelayanan adminduk kepada warga lansia di Dusun Dasan Bangket, Kamis kemarin berlaku untuk dua orang, sesuai usulan yang masuk dari desa. Pada pelayanan ini, Dukcapil tidak melihat faktor jumlah warga yang harus dilayani. Bagi Dukcapil, sekalipun jumlahnya hanya 1 orang, namun dengan status lansia atau kebutuhan khusus, maka Dukcapil akan langsung turun mengutus stafnya.

“Kita menyadari, warga lansia kita ini tidak akan mampu untuk hadir di tempat pelayanan. Sehingga solusinya, petugas pelayanannya yang kita dekatkan ke warga,” sambungnya.

Pihaknya berharap, Pemdes lain di KLU memberi informasi adanya warga lansia atau warga difabel yang belum mengantongi adminduk. Dukcapil akan dengan senang hati menjemput bola, terlebih jika lokasi pelayanan di desa/dusun ditempatkan secara kolektif oleh petugas aparatur di desa dan dusun.

Sebelum ini, Dukcapil sambung dia, telah melayani warga lansia di Desa Sukadana. Dimana, pelayanan di desa itu dipusatkan di halaman Masjid Dusun Segenter. “Harapan kami, dengan pola pelayanan ini warga akan semakin dimudahkan, dan semakin antusias untuk tertib administrasi kependudukan,” imbuhnya. (ari)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional