Tak Lunasi BPIH, 414 JCH NTB Gagal Berangkat Haji Tahun Ini

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 414 Jemaah Calon Haji (JCH) NTB gagal berangkat haji tahun 2017 ini. Pasalnya, mereka belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama sesuai batas waktu yang ditentukan, Jumat, 5 Mei 2017.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag NTB, Drs. H. Maad Umar, M.Pd menyebutkan, 414 JCH ynag tak melunasi BPIH tahap pertama ini akan digantikan oleh jemaah lansia atau penggabungan suami istri. ‘’ Iya, ndak bisa berangkat tahun ini. Nanti yang sisanya itu diarahkan untuk lansia dan penggabungan suami istri,” kata Maad ketika dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 5 Mei 2017.

Iklan

Jumlah JCH yang melunasi BPIH  tahap pertama sebanyak 4.324 orang dari total kuota ditambah Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) tahun ini sebnayak 4.738 orang. Rincian JCH yang tak melunasi BPIH tahap pertama sampai batas waktu, Jumat, 5 Mei 2017 kemarin, Kota Mataram 87 orang, Lombok Tengah 96 orang, Lombok Barat 41 orang, Lombok Timur 114 orang.

Selanjutnya, Kabupaten Bima 27 orang, Kabupaten Sumbawa 19 orang, Dompu lima orang, Kota Bima tujuh orang, Sumbawa Barat tiga orang, Lombok Utara tujuh orang dan provinsi delapan orang. Delapan orang dari provinsi ini merupakan TPHD.

Untuk pelunasan tahap kedua, kata Maad diperuntukkan bagi JCH lansia atau penggabungan suami istri. Artinya, jika suami sudah melunasi BPIH tetapi istrinya masih berangkat haji 3-4 tahun ke depan, maka bisa ditarik oleh suaminya untuk berangkat haji tahun ini. Hal ini berlaku juga sebaliknya.

Maad mengungkapkan, tahun ini pesawat yang digunakan JCH NTB berbeda dengan sebelumnya, yakni Boeing 747 seri 400 dengan kapasitas penumpang 455 orang. Tahun lalu, pesawat yang digunakan Airbus 330 dengan kapasitas 360 penumpang. Artinya, meskipun terjadi penambahan jumlah JCH NTB tahun ini tetapi jumlah kloter tetap sebanyak 10.

Tahun lalu, jumlah JCH NTB sebanyak 3.464 orang. Sekarang bertambah menjadi 4.476 orang, ditambah TPHD sehingga menjadi 4.738 orang. Nantinya, ada 14 JCH kloter terakhir yang kemungkinan akan bergabung dengan Embarkasi Makassar. JCH NTB kemungkinan akan diberangkatkan pada gelombang kedua pada 16 Agustus 2017. Sementara itu, pemberangkatan perdana JCH secara nasional mulai 28 Juli 2017. (nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here