Tak Kreatif dan Inovatif, Kepsek Terancam Turun Jabatan

Mataram (suarantb.com) – Kinerja Kepala Sekolah di Kota Mataram akan diawasi lebih ketat lagi. Kepala sekolah (kepsek) yang kemampuannya kurang, tidak inovatif, tidak kreatif, dan kurang inisiatif akan diturunkan jabatannya dan kembali menjadi guru.

“Kalau ada kepala sekolah yang seperti itu, siap-siap saja. Akan saya gurukan kembali,” cetus Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram, H. Sudenom.

Iklan

Menurutnya, jabatan sebagai kepsek maupun guru adalah jabatan fungsional yang sama. Namun jika kepsek yang bersangkutan dianggap tak mampu mengemban tugasnya dengan baik, maka akan lebih baik jika dikembalikan menjadi guru yang mengajar di kelas. Dengan demikian, pegawai yang bersangkutan tidak perlu mendapat tambahan beban tugas, sehingga tugas yang diemban lebih ringan.

Sudenom telah lama melakukan penilaian melalui pengamatan langsung di lapangan. Secara rutin, ia turun ke lapangan mengamati kinerja sekolah, baik guru, kepsek maupun pegawai kependidikan lainnya.

“Jika tidak ada kendala, undangan, rapat dan sebagainya, setiap Sabtu saya akan keliling langsung ke sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Secara tidak langsung, ia sebagai Kadis Dikpora dapat melakukan penilaian dan evaluasi terhadap kinerja kepsek dan guru yang ada di Kota Mataram. Ia mengakui, saat ini telah mengantongi nilai kepsek yang ada di Kota Mataram. Nilai tersebut akan dijadikan pertimbangan dalam mutasi periode selanjutnya. (rdi)