Tak Ikut UN Utama dan Susulan Siswa Difasilitasi Ikut UN Ulangan

Umar (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Ada yang cukup berbeda pada rangkaian Ujian Nasional (UN) di tahun 2020 ini. Salah satunya siswa yang tidak bisa mengikuti UN Utama atau UN Susulan diberikan kesempatan mengikuti UN Ulangan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris I Panitia UN Provinsi NTB, Umar, S.Sos., MM., ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 6 Februari 2020.

Iklan

Menurutnya bagi siswa yang tidak bisa mengikuti UN Utama maupun UN Susulan, maka siswa itu diberikan kesempatan mengikuti UN Ulangan (perbaikan). Di tahun sebelumnya, UN Perbaikan diperuntukan bagi siswa yang mengikuti UN dua tahun terakhir yang ingin memperbaiki nilainya.

“UN Ulangan hanya diperuntukan kepada mereka yang tidak bisa mengikuti UN utama atau susulan. Tahun ini siswa difasilitasi untuk itu,” ungkap Umar yang juga Kepala Seksi Kurikulum SMK, Bidang Pembinaan SMK Dinas Dikbud NTB.

Persyaratan untuk mengikuti UN Ulangan yaitu peserta tercatat dalam daftar nominasi tetap (DNT). Selain itu, peserta UN Tahun Pelajaran 2019/2020 yang akan mengikuti UN Ulangan wajib memberikan bukti tertulis berkaitan dengan alasan tidak mengikuti UN Utama atau UN Susulan (misalnya sakit) yang diketahui oleh Satuan Pendidikan asal. Dan, peserta memiliki nomor peserta ujian (kartu peserta ujian).

Sedangkan, Peserta SMA/MA, SMK/MAK, atau Program Paket C/Ulya yang akan memperbaiki nilai UN, wajib memiliki Ijazah atau surat keterangan kelulusan yang telah dilegalisir, dan SHUN terakhir atau SHUN sementara yang telah dilegalisir.

Selain itu, Peserta UN Tahun Pelajaran 2018/2019 atau 2019/2020 pada jenjang SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan yang sederajat serta Program Paket B/Wustha dan Program Paket C/Ulya yang akan mengikuti UN Ulangan pada Tahun Pelajaran 2019/2020 harus mendaftarkan diri dan menentukan mata ujian yang akan diikutinya melalui Satuan Pendidikan pelaksana UN Ulangan. Pendaftaran dilakukan secara daring (online).

Jadwal UN Ulangan SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan yang sederajat serta Program Paket C/Ulya dilaksanakan pada Senin (8/6) dan Selasa (9/6). Sementara UN Ulangan Program Paket B/Wustha dilaksanakan pada Senin (8/6) sampai Rabu (10/6).

Ia menyebutkan, berdasarkan jadwal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020, UNBK SMK akan dilaksanakan pada tanggal 16, 17, 18,  dan 19 Maret tahun 2020. Sementara untuk jenjang SMA sederajat akan dilaksanakan pada 30 dan 31 Maret, dan 1 dan 2 April 2020. Sedangkan jenjang SMP sederajat dijadwalkan pada 20, 21, 22, dan 23 April 2020. (ron)