Tak Ikut AKM, Guru SMA Harus diBerikan Kesempatan Lagi

Guru SMAN 3 Mataram saat mengikuti uji coba tes AKM di laboratorium komputer sekolah, Rabu (26/2/2020). (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2020 mengagendakan uji coba tes Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi guru semua mata pelajaran. Namun ada sejumlah sekolah yang tidak ikut uji coba tersebut karena terlambat mendaftarkan guru. Dewan Pendidikan Provinsi NTB meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB untuk memberikan kesempatan lagi untuk uji coba AKM bagi guru.

Uji coba AKM bagi guru semua mata pelajaran SMA/MA dilaksanakan pada Rabu, 26 Februari 2020. Ketua Dewan Pendidikan Provinsi NTB, H. Rumindah ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 26 Februari 2020 menduga keterlambatan sekolah mendaftarkan guru bisa jadi karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah. Oleh karena itu ia meminta kepada Dinas Dikbud NTB atau panitia UN agar memberikan kesempatan lagi kepada sekolah yang belum ikut uji coba AKM bagi guru.

Iklan

“Harus diberikan kesempatan lagi untuk uji coba, suka atau tidak suka mereka akan alami semua, tidak boleh didiskriminasi, serta harus dicarikan waktu yang tepat,” kata Rumindah.

Rumindah menekankan, uji coba AKM bagi guru sangat penting dilakukan, karena sebagai persiapan untuk model evaluasi pengganti ujian nasional di tahun 2021. Untuk diketahui, AKM merupakan bentuk evaluasi pengganti ujian nasional di tahun 2021 sesuai kebijakan Merdeka Belajar dari Kemendikbud. Selain asesmen kompetensi minimum, bentuk evaluasi lainnya yaitu survei karakter. Uji coba tes AKM bagi guru bertujuan untuk melatih guru mengenali bentuk asesmen tersebut.

“Saya melihat uji coba ini sebagai pembelajaran, makin banyak orang berlatih dia makin terampil, apapun itu, kalau dilatih itu sebagai persiapan, jadi apa pun bentuknya jangan lihat sebagai persoalan yang kecil, tapi dilihat secara serius, sekecil apapun,” tegas Rumindah.

Menurutnya, pengambilan waktu pelaksanaan uji coba tes AKM bagi guru kurang tepat, karena bersamaan dengan gladi bersih UNBK. Mantan Kepala Dinas Pendidikan Lombok Barat ini mengatakan sebaiknya mencari waktu yang luang untuk guru mengikuti uji coba AKM. “Kan sebenarnya belum mendesak, bisa di bulan Juni. Kalau sudah terlanjur tidak ikut, harus diberikan kesempatan lagi kepada guru untuk uji coba,” saran Rumindah.

Dari pantauan Suara NTB saat gladi bersih UNBK SMK pada minggu lalu, dan gladi bersih UNBK SMA/MA yang dimulai Senin, 24 Februari 2020 lalu, ada sejumlah sekolah yang terlambat mendaftarkan guru mengikuti uji coba AKM. Salah satunya di SMAN 4 Mataram, Kepala SMAN 4 Mataram, Drs. Jauhari Khalid ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/2) mengatakan ada kelalaian dari operator sekolah mengakibatkan guru terlambat didaftarkan mengikuti uji coba tes AKM.

Sebelumnya, SMKN 8 Mataram juga tidak mengikuti uji coba tes AKM bagi guru saat gladi bersih UNBK SMK pekan lalu. Proktor UNBK di SMKN 8 Mataram, Rinto Hariadi pada pekan lalu mengatakan, SMKN 8 Mataram tidak mengikuti uji coba tes AKM, karena informasi pendaftarannya yang terlambat.

Sekretaris I Panitia UN Provinsi NTB, Umar, S.Sos., MM., dikonfirmasi pada Selasa, 25 Februari 2020 sore mengakui ada sejumlah sekolah yang tidak mendaftarkan guru untuk uji coba tes AKM. Saat ini pihaknya masih dalam proses rekapitulasi sekolah tersebut. Menurutnya, sekolah bisa menyusul mengikuti uji coba AKM pada hari lain. “Bisa menyusul untuk didaftarkan lagi pada sinkronisasi berikutnya sesuai permintaan dari sekolah atau diganti pada hari lain,” ujarnya.

Berjalan Lancar

Pelaksanaan uji coba tes AKM di SMA yang melaksanakan uji coba AKM bagi guru berjalan lancar. Seperti yang terlaksana di SMAN 3 Mataram, Kepala SMAN 3 Mataram, Sunoto melalui Wakil Kepala SMAN 3 Mataram Bidang Kurikulum, Faizin mengatakan sebanyak 78 guru SMAN 3 Mataram mengikuti uji coba AKM yang dilaksanakan di laboratorium sekolah.

Faizin sebelumnya menjelaskan, pihaknya sudah mengatur jadwal keikutsertaan guru yang dibagi dua sesi. Jadwal para guru disesuaikan dengan jadwal mereka mengajar. Pelibatan para guru pada uji coba tes AKM dianggap penting, agar mereka memiliki gambaran model tes untuk model ujian tahun 2021 nanti.

“Kami sudah atur jadwal disesuaikan dengan jadwal mengajar guru, semua bapak dan ibu guru dikenalkan dengan AKM, agar punya gambaran ke depan, semua guru dilibatkan,” ujarnya.

Gladi bersih UNBK SMA/MA dilaksanakan sejak Senin, 24 Februari 2020 sampai dengan Rabu, 26 Februari 2020. Sedangkan gladi bersih UNBK SMK telah dilaksanakan pada Senin 17 Februari 2020 sampai Rabu, 19 Februari 2020. (ron)