Tak Ada Rekrutmen CPNS hingga 2019

Mataram (Suara NTB) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, telah melakukan konsultasi dengan Badan Kepegawaian Nasional. Hasilnya, hingga tahun 2019 tak ada pendaftaran calon pegawai negeri sipil.

Demikian disampaikan Kepala BKPSDM Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati Ma’ruf, Kamis (23/2/2017). “Jadi, kita sudah ke Jakarta menanyakan formasi. BKN sampaikan hingga 2019 tidak ada bukaan CPNS,” kata Nelly.

Iklan

Formasi khusus pun yang diusulkan ke BKN maupun Kementerian Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) belum ada kepastian. Justru, Pemkot Mataram diminta langsung berkoordinasi dengan kementerian terkait.

Formasi dibutuhkan saat ini yaitu, guru dan dokter spesialis. Nah, Kota Mataram kekurangan sekitar 325 hingga 400 guru. Selain itu, formasi tenaga kesehatan masih kurang pada dokter spesialis.

Dua formasi itu akan segera dikoordinasikan ke Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan. “Insya Allah, secepatnya kita konsultasikan,” katanya.

Kemungkinan apakah kekurangan dua formasi ini akan diisi tahun ini, mantan Kabag Umum belum berani memastikan. Sebab, ini tergantung hasil persetujuan dari kedua kementerian tersebut. “Iya, nanti tergantung hasil di sana. Kalau bisa maunya secepatnya,” terangnya.

Sekolah yang kekurangan guru kelas, terpaksa harus diisi oleh guru lainnya dengan menambah jam kerja. Bahkan, kepala sekolah turun membantu mengajar. Kelebihan jam kerja ini yang harus dibayar sekolah.

Lebih jauh disampaikan Nelly, BKPSDM sedang fokus memperbaiki sistem database. BKN menargetkan agar database terkirim bulan Oktober. Jika ini tidak selesai berpengaruh terhadap kenaikan pangkat pegawai.

Pihaknya tidak tidak ingin hal tersebut menjadi persoalan. Maka, ia harus mengejar deadline tersebut dengan mengawali perbaikan sarana dan prasarana. (cem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here