Tahu Lombok Jadi Menu di Luar Daerah

Ilustrasi Tahu Lombok (Sumber : Boldsky)

Tak diragukan lagi, tahu produksi Lombok memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan tahu yang ada di daerah lain. Di hotel dan restoran dalam daerah, tahu Lombok menjadi kuliner yang tak pernah absen di daftar menu. Tak hanya di sini, di luar daerah pun tahu Lombok sudah dikenal karena citarasanya yang berbeda.

“Bahkan teman saya yang di Bali saja di restonya dia berani jualan menu tahu Lombok yang didatangkan secara khusus dari sini,” kata Anton Sugiono, Chef Hotel Puri Indah, Mataram kepada Ekbis NTB akhir pekan kemarin.

Iklan
Anton Sugiono. (SuaraNTB/ist)

Ketua Indonesia Chef Assosiation (ICA) BPD NTB ini mengatakan, tekstur tahu Lombok lebih halus, lebih padat, kandungan airnya sedikit. “Kalau di daerah lain kandungan airnya lebih banyak,” tuturnya.

Sebagai chef yang sudah berpengalaman, tahu diolah menjadi aneka kuliner yang banyak digemari oleh konsumen. Nyaris tak terhitung jumlah aneka kuliner dengan bahan baku tahu ini. Namun tahu Lombok jika digoreng biasa saja rasanya sudah enak. “Kalaupun mau digoreng dengan bawang putih saja sudah enak.

‘’Justru dengan digoreng begitu saja justru malah memunculkan citarasa khas tahu Lombok,” tutur Anton.

Ia menuturkan, seringkali wisatawan domestik bertanya kepadanya terkait dengan kuliner Lombok yang menjadi andalan. Dari beberapa kuliner khas lokal, tahu Lombok selalu diperkenalkan kepada wisatawan. ” Mereka bahkan menkonsumsi tahu yang masih mentah, namun mereka bilang enak dan beda dengan tahu halus lainnya,” katanya.

Bagi kalangan chef, tahu Lombok disetarakan dengan tahu sutra atau tahu halus yang memiliki kualitas dan citarasa yang lebih enak. Ia menyarankan agar kualitas produk yang dibuat oleh para perajin agar tetap bagus, bahkan kualitasnya agar terus ditingkatkan, terlebih usaha kuliner di daerah wisata seperti Lombok ini akan terus meningkat.

Agar kualitas tetap terjaga, Anton memberi saran kepada pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan kepada para perajin di Lombok dan di NTB umumnya. Memproduksi tahu dengan mesin yang lebih modern menjadi salah satu cara untuk memproduksi tahu lebih banyak, lebih cepat dan efektif. Namun aspek kebersihan, standar higienis harus tetap menjadi prioritas selain menjaga  kualitas rasa.

“Kalau kita mau benar-benar menjaga standar dan kualitas tahu Lombok dan regenerasinya tetap ada, maka dinas terkait memiliki peran penting di sini,” ujarnya.(ris)