Tabrakan Beruntun, Tiga Tewas di Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sedikitnya tiga orang tewas akibat tabrakan beruntun yang terjadi di Desa Pemasar, Kecamatan Maronge, Minggu, 2 Oktober 2016. Mereka adalah Jamaluddin, Syamsiah dan Ica yang merupakan warga Desa Jotang Kecamatan Empang. Ketiganya meninggal dunia dalam perjalanan menuju RSUD Sumbawa.

Informasinya, kecelakaan terjadi sekitar pukul 14.00 Wita di Desa Pemasar. Tepatnya di kilometer 49-40. Pada saat itu melaju dua truk yang beriringan dari arah Bima menuju Sumbawa. Dimana truk pertama dikemudikan oleh Sapiola (19) warga Desa Selang, Kecamatan Unter Iwes. Truk lainnya dikemudikan oleh Syamsul Hidayat (26) yang juga warga Selang.

Iklan

Di lokasi kejadian, truk yang dikemudikan Sapiola menabrak bagian belakang mobil terbuka warna hitam dengan nopol EA 8636 yang dikemudikan Jufri Efendi (31), warga Desa Songkar, Kecamatan Moyo Utara. Pick-up tersebut tengah diparkirkan di pinggir jalan. Di mana Jufri hendak menutup muatan kacang hijau yang ada di bak belakang mobil, karena akan turun hujan.

Akibat benturan itu, truk yang dikemudikan Sapiola melambung ke jalur berlawanan. Dari arah berlawanan melaju mobil Pick-up yang dikendarai A. Rahman (45), Warga Desa Jotang, Kecamatan Empang yang tengah mengangkut 17 orang penumpang. Dimana kendaraan yang dikendarai Rahman ini sebelumnya mengangkut penumpang dari acara pernikahan di wilayah Labuhan Sumbawa.

Tabrakan tak terelakkan. Mobil pick-up tersebut terseret hingga ke jalur berlawanan. Bagian depan truk dan pick-up ringsek parah. Di sisi lain kendaraan yang diparkirkan Jufri juga ditabrak oleh kendaraan yang dikemudiakan Syamsul Hidayat. Kedua kendaraan ini juga mengalami kerusakan. Meskipun tidak separah kendaraan lainnya. Masyarakat yang mengetahui peristiwa tabrakan ini kemudian menghubungi pihak kepolisian. Sehingga dalam waktu yang tidak lama, polisi tiba di lokasi dan melakukan olah TKP.

Kanit Laka Satuan Lantas Polres Sumbawa, Ipda Anggi Prasetiyo membenarkan adanya kecelakaan tersebut. Dimana pihaknya mengetahui adanya kecelakaan berdasarkan informasi masyarakat. Pihaknya pun sudah turun ke lokasi dan melakukan olah TKP serta melakukan pengecekan terhadap korban. Dari kecelakaan ini, tiga orang meninggal dunia. Yakni Jamaluddin, Syamsiah, dan Ica. Dimana ketiganya meninggal dunia dalam perjalanan menuju RSUD Sumbawa. Selain itu, 10 orang penumpang mengalami luka berat, dan empat lainnya mengalami luka ringan.

Terhadap para pengendara, Jufri dan Syamsul Hidayat sudah diamankan di Polres Sumbawa. Sementara Sapiola dan A. Rahman masih dirawat di RSUD Sumbawa akibat luka-luka yang dideritanya. Pihaknya menghimbau para pengendara agar selalu berhati-hati dalam berkendara di jalan raya. Kemudian selalu menaati undang-undang lalu lintas. Termasuk menggunakan kendaraan sesuai peruntukannya. (ind)