Syekh Ali Jaber: Saatnya Lombok Jadi Pulau Sejuta “Hafidz”

Mataram (suarantb.com) – Selama ini Lombok dikenal sebagai pulau seribu masjid. Namun menurut Syekh Ali Jaber sudah saatnya Lombok menjadi pulau dengan sejuta penghafal (hafidz) Al-Qur’an. Hal ini disampaikan Jaber saat menjadi penceramah di acara halal bihalal lingkup Pemkot Mataram, Jumat, 15 Juli 2016 sore. Ia juga mengajak masyarakat menjadikan Al-Qur’an sebagai syiar di dalam kehidupan.

Menurut Jaber, untuk memperbaiki keadaan umat menjadi lebih baik, hal paling utama adalah ilmu dan pendidikan. Salah satunya adalah dengan menggalakkan kebiasaan membaca. Hal ini sebagaimana wahyu pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang berisi perintah membaca (iqra).

Iklan

“Kita seharusnya menjadi umat baca. Umat yang pintar membaca, terutama membaca Al-Qur’an,” terangnya.
Menjadikan masyarakat Lombok  pintar membaca Al-Qur’an, perlu diprogramkan pembinaan khusus. Menurutnya penting juga dibangun sebuah pesantren atau sebuah tempat pendidikan khusus penghafal Al-Qur’an khusus untuk anak-anak.

Secara khusus, ia juga mengajak Pemkot Mataram memulai gerakan pembinaan untuk anak-anak. “Agar melahirkan anak-anak Kota Mataram yang hafal Al-Qur’an dalam waktu satu tahun,” sarannya. Juri program Hafidz Indonesia di salah satu stasiun televisi nasional ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar ikut terlibat dalam gerakan mewujudkan anak-anak penghafal Al-Qur’an. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here