Syarat Pendaftaran CPNS Dipermudah, Tidak Ada Syarat Batasan Minimal IPK dan Akreditasi PT

Syamsul Buhari (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Pusat telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) No.27 Tahun 2021 tentang pengadaaan CPNS 2021. Dalam regulasi yang diterbitkan beberapa hari lalu tersebut, persyaratan pendaftaran CPNS dipermudah.

Kementerian PANRB tidak mensyaratkan batasan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan akreditasi perguruan tinggi (PT). Namun, untuk formasi CPNS lulusan cumlaude, IPK dan akreditasi PT masih dipersyaratkan.

Iklan

‘’Apakah persyaratan perlu mencantumkan IPK dan akreditasi perguruan tinggi. Kementerian PANRB meminta persyaratan yang umum saja,’’ kata Kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKD NTB, Drs. Syamsul Buhari, P.Si., M.Kes., dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 17 Juni 2021.

Dalam pembukaan pendaftaran CPNS 2021, kata Syamsul, tidak dipersyaratkan perguruan tinggi harus terakreditasi A, B atau C. Begitu juga untuk IPK calon pelamar, tidak ada batasan minimal 2,70.

‘’Kecuali untuk formasi cumlaude. Tapi untuk formasi yang lain cukup terakreditasi saja. Kemudian tidak perlu mencantumkan IPK. Agar semua bisa ikut daftar CPNS. Kalau dulu dibatasi minimal IP 2,70. Tapi sekarang tidak melihat IPK. Kecuali untuk cumlaude dipersyaratkan,’’ tandasnya.

Syamsul menambahkan, setelah keluarnya Permen PANRB No.27 Tahun 2021, Pemda masih menunggu Juklak dan Juknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) maupun Kemendikbud Ristek Dikti. Permen PANRB No.27 Tahun 2021 masih bersifat umum.

‘’Setelah Permenpan keluar, BKN dan Kemendikbud akan membuat Juklak dan Juknisnya. Setelah itu baru disampaikan sesuai kebutuhan,’’ tandasnya.

Dalam seleksi CPNS dan guru PPPK 2021, Pemprov NTB mendapatkan jatah sebanyak 4.865 formasi. Jatah formasi CPNS dan PPPK yang diterima dari Pemerintah Pusat sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 555 Tahun 2021.

Sebanyak 4.865 formasi yang diperoleh terdiri 4.443 formasi guru PPPK dan 422 formasi CPNS. Sebanyak 422 formasi CPNS tersebut terdiri dari 271 formasi tenaga kesehatan dan 151 formasi tenaga teknis. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional