Survei Internal PKS, Elektabilitas Masrun-Habib Menanjak

Yek Agil dan Ridwan Hidayat. (Suara NTB/ndi)

Mataram (Suara NTB) – PKS NTB mengungkapkan hasil survei internal terbaru mereka di Pilkada Kabupaten Lombok Tengah. Dimana hasilnya memperlihatkan bahwa tingkat elektabilitas Paslon yang mereka usung yakni pasangan Masrun-Habib Ziadi  terus meningkat secara signifikan.

Hal itu diungkapkan anggota Tim Pemenangan Pemilu Wilayah (TPPW) PKS NTB, Yek Agil yang ditemui di DPRD NTB, Senin, 26 Oktober 2020. “Kita punya hitungan dan strategi sendiri dalam melihat dinamika perkembangan elektabilitas kandidat. Alhamdulillah Masrun-Habib meningkat sangat sgnifikan,” ungkapnya.

Iklan

Yek Agil kemudian membandingkannya pergerakan peningkatan elektabilitas pasangan Masrun-Habib dengan kandidat lain, yakni Paslon petahana Pathul-Nursiah yang memang masih tertinggi elektabilitasnya. “Kalau kita bicara angka-angka bagaimana petahana agak stagnan elektabilitasnya. Kalau Masrun-Habib sangat signifikan naiknya. Artinya bahwa petahana ini bisa terkejar bahkan terlewati,” lanjut anggota DPRD NTB dari dapil VII Loteng itu.

PKS hanya menjadikan hasil survei sebagai alat pemetaan saja, untuk kemudian menyusun setrategi pemenangan. “Kami tegaskan bahwa kita tidak mengimani hasil survei. Hasil survei kami jadikan peta politik saja untuk turun ke masyarakat. Apalagi dengan melihat masih tingginya masyarakat yang belum menentukan pilihan, maka hasil survei itu belum menggambar kemenangan,” jelasnya.

PKS kemudian melakukan pemetaan terkait dengan dukungan masyarakat Loteng terhadap paslon Masrun-Habib, yang dibagi dalam berbagai zona. Masing-masing zona itu kemudian akan didekati dengan strategi yang berbeda-beda. “Dari hasil survei itu kita sudah melakukan pemetaan, kemudian kita bagi ke dalam zona-zona. Dimana Masrun-Habib itu punya  hijau kuning dan merah. Dan itu kita lakukan sudah sampai tingkat dusun. Sehingga kami tidak hanya cukup sampai serangan udara, tapi kontek serangan darat juga kami petakan,” ulasnya.

Dengan peningkatan elektabilitas Masrun-Habib yang cukup progresif itu, Yek Agil kemudian berkeyakinan bahwa pihaknya dapat memenangkan kontestasi Pilkada Loteng. Karena masih ada sisa waktu satu bulan masa kampanye, akan dimaksimalkan sosialisasi ke masyarakat, berdasarkan pemetaan tersebut, sehingga pergerakannya akan lebih efektif dan sistematis.

Ditempat yang sama, Ketua Partai Gerindra NTB, H. Ridwan Hidayat yang dikonfirmasi terkait elektabilitas Paslon petahana Pathul-Nursiah yang mereka usung. Ridwan mengatakan bahwa pihaknya optimis untuk memenangkan Pilkada Lombok Tengah, karena sampai saat ini, elektabilitas Pathul-Nursiah masih tertinggi. (ndi)